Advertisement

Lakukan Pendekatan Kognitif untuk Melatih Anak Mengelola Keuangan

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 07 April 2023 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Lakukan Pendekatan Kognitif untuk Melatih Anak Mengelola Keuangan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pendekatan kognitif seperti diskusi dapat melatih anak untuk mengelola keuangannya sendiri, menurut penuturan dari T. Novi Poespita Candra seorang Psikolog perkembangan anak, remaja dan pendidikan.

"Mendiskusikan dahulu mengapa jika kita punya uang harus dikelola dengan baik. Apa manfaatnya jika mereka bisa mengelola," ucap Psikolog lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) ini seperti yang disiarkan Antara.

Advertisement

Melalui pendekatan kognitif pemahaman anak terkait pentingnya mengelola uang yang mereka miliki akan tumbuh. Orang tua juga dapat mengedukasi anak jika uang bisa dijadikan alat transaksi, ditabung dan bisa diputar kembali, bahkan mengajarkan cara mencatat pengeluaran uang sejak kecil, termasuk saat mendapatkan uang Tunjangan Hari Raya (THR).

"Mungkin mereka diajarkan untuk mencatat, atau merencanakan penggunaan hasil tabungan mereka termasuk hasil THR mereka," ucap psikolog yang juga pengarang buku pendidikan ini.

Baca juga: Penelitian: Tidur Berkualitas Bisa Cegah Penyakit Kardiovaskular

Cara mudah lainnya orang tua dapat menunjukkan contoh nyata di kehidupan sehari-hari pada anak sejak kecil terkait pengelolaan uang dan pemanfaatan uang secara bijaksana.

"Jadi berdasar teori social learning, anak anak perlu melihat contoh-contoh agar mereka paham mengenai pemanfaatan keuangan secara bijaksana," ucap Novi.

Pastinya, anak mesti didampingi terus menerus oleh orang tua dalam memahami pengelolaan keuangan. Saat anak sudah mengerti konsep menabung, orang tua dapat membuatkan rekening tabungan, dimana biasanya jika anak di bawah 17 tahun masih atas nama orang tua.

Selanjutnya, anak dan orang tua bisa berdiskusi mengenai kegunaan uang dan kapan uang tersebut bisa dibelanjakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement