Advertisement

Seputar April Mop, Ini Deretan Prank Berujung Tragedi

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 04 April 2023 - 07:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Seputar April Mop, Ini Deretan Prank Berujung Tragedi Ilustrasi prank April Mop. - Istockphoto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tanggal 1 April kemarin identik dengan perayaan April Mop atau disebut pula April Fools, momen dimana semua orang bisa melakukan lelucon atau prank sebagai bahan candaan kepada teman, pasangan, bahkan keluarga yang dilakukan di seluruh dunia.

Lelucon April Mop biasanya dilakukan dengan menyatakan kebohongan lucu kepada seseorang dan ketika orang tersebut percaya maka diakhiri dengan mengucapkan 'April Mop’.

Advertisement

Meski bertujuan untuk bercanda dan bersenang-senang tak sedikit prank April Mop yang berujung tak sesuai rencana dan berubah menjadi tragedi. Berikut sejumlah peristiwa prank April Mop yang berujung tragedi:

1. Tebing longsor karena kapal Titanic

Sebuah stasiun radio bernama Southern FM yang berbasis di Portslade mengatakan kepada para pendengarnya bahwa replika kapal Titanic akan terlihat dari pantai saat berlayar dari Southampton menuju Beachy Head, Sussex sebelum menyeberang ke Prancis.

Penyiar radio pada tahun 2001 lalu itu mengklaim replika kapal Titanic dibuat karena kesuksesan yang dicapai berkat film yang dibintangi Kate Winslet dan Leonardo DiCaprio itu. Mendengar hal tersebut ratusan pendengar percaya dan berbondong-bondong memenuhi bukit Beachy Head bahkan sampai rela membawa teropong.

Baca juga: Fakta Unik Minuman Soda, Ternyata Awalnya Dibuat Oleh Apoteker

Akibat banyaknya orang yang datang mengakibatkan sisi tebing tersebut retak seluas 5 kaki atau sekitar 1,5 meter. Bukit yang dikenal dengan sebutan Devil's Chimney, keesokan harinya pun ditutup dan selang heberapa hari kemudian tebing longsor.

2. Perampokan bersenjata, tanpa senjata dan tanpa perampokan

Kembali ke tahun 2003 silam, terdapat seorang karyawan di sebuah toko pakaian di Columbus, Ohio. Dengan rencana melakukan prank April Mop ia memiliki ide untuk berbohong kepada bosnya dan meneleponnya kemudian mengaku bahwa tokonya sedang terjadi perampokan bersenjata.

Hasilnya? Sang bosnya ternyata langsung meminta bantuan dari polisi, membuat toko pakaian dipenuhi empat mobil polisi. Karyawan pun akhirnya ditahan polisi karena telah menimbulkan kepanikan.

3. Prank April Mop Google ‘Mic Drop’

Mesin pencari Google tidak mau ketinggalan tren April Mop pada tahun 2013 membuat terobosan ‘Gmail Mic Drop’ yakni sebuah tombol kirim tambahan pada Gmail yang otomatis melampirkan klip animasi gif dari karakter Minion (Despicable Me) mengenakan mahkota dan menjatuhkan mikrofon seperti rapper.

Tak hanya itu setelahnya email balasan tidak akan muncul di kotak masuk namun masih bisa ditemukan di tab 'semua email' dan karena tidak ada notifikasi kotak masuk biasa, membuat banyak email balasan pun tak terbaca.

Namun karena letaknya yang bersebelahan dengan tombol kirim biasa, membuat banyak orang secara tak sengaja mengirim ‘Gmail Mic Drop’ ke email profesional seperti bos atau klien bahkan ke pasangan, anak, teman, dan keluarga mereka. Google pun akhirnya menghapus fitur terobosan tersebut dan merasa justru mereka yang kena prank.

4. Tak sengaja membunuh teman sekamar dengan racun

Lin Senhao seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Kedokteran Shanghai Universitas Fudan melakukan prank April Mop yang berujung kematian. Mulanya, Lin Senhao berencana meracuni teman sekamarnya Huang Yang dengan bahan kimia yang disebut N-nitrosodimethylamine.

Ia pun membubuhi dispenser air tempat Huang biasa mengambil minum dengan NDMA hepatotoksik pada 1 April 2013. Nahas jumlah dosis NDMA yang dituang ternyata membunuh Huang akibat terjadi sejumlah kegagalan organ.

Lin Senhao bersikeras ia tidak bermaksud melakukan aksi April Mop yang salah seperti itu. Tujuannya hanya bermaksud menuangkan NDMA yang cukup untuk membuat perut Huang mules namun ternyata Senhao justru berujung tragedi kematian.

Jaksa pun akhirnya menilai tindakan Senhao termasuk perbuatan yang disengaja dan disetujui oleh Hakim dan juri dalam persidangan. Akibatnya Senhao dijatuhi hukuman mati dan dieksekusi pada Desember 2015 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement