Advertisement

5 Rekomendasi Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa

Media Digital
Jum'at, 24 Maret 2023 - 21:57 WIB
Budi Cahyana
5 Rekomendasi Pekerjaan Freelance untuk Mahasiswa Ilustrasi freelance. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Pada umumnya, mahasiswa belum memiliki kewajiban untuk mencari penghasilan sendiri. Sebagai mahasiswa tugasnya adalah belajar dan menyelesaikan pendidikan. Uang yang sehari-hari digunakan masih berasal dari orang tua, namun tidak ada salahnya juga jika seorang mahasiswa ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara bekerja sesuai bidang yang disukai.

Bekerja freelance dapat memberikan fleksibilitas bekerja, mulai dari jam kerja hingga tempat bekerja. Ada banyak pilihan yang bisa Anda pilih dalam bekerja freelance, seperti menjadi penulis, desainer, editor foto dan video, atau menjadi freelance data entry.

Advertisement

Sebagai mahasiswa, Anda belum memiliki pengalaman atau Anda masih sedikit memiliki pengalaman di dunia kerja. Menjadi freelance, dapat memberikan Anda pengalaman baru, bekerja dengan berbagai macam klien yang membutuhkan jasa Anda.

Berkesempatan untuk bekerja dengan beragam jenis klien

Dalam satu tahun saja, seorang freelance dapat bekerja dengan berbagai klien, mulai dari startup teknologi kecil hingga startup industri makanan kecil hingga merek ternama. Jika Anda memilih bekerja penuh waktu, Anda mungkin stuck dalam satu bidang pekerjaan, atau dalam satu industri, dan mungkin juga lebih sulit untuk mengetahui bagaimana keahlian Anda digunakan, terutama di perusahaan besar yang memiliki banyak birokrasi.

Dianggap sebagai ahli

Jika sebuah perusahaan mempekerjakan seorang pekerja lepas, maka besar kemungkinan telah mempertimbangkan pro dan kontra mempekerjakan pekerja lepas, dan memutuskan untuk mendatangkan seorang ahli. Freelancer dianggap ahli dalam sebuah bidang, sebagian besar pekerja lepas menawarkan layanan, agar bisa dipekerjakan, Anda harus benar-benar ahli dalam hal tersebut.

Menyesuaikan jadwal sendiri

Sebagai freelancer, maka Anda bisa secara fleksibel menentukan jadwal kerja sesuai dengan keinginan Anda. Seorang freelancer bisa bekerja di pagi hari, siang hari, atau bahkan di tengah malam, tergantung dari jadwal yang diinginkan, asalkan bisa diselesaikan tepat waktu. Ini adalah salah satu perbedaan terbesar antara bekerja penuh waktu sebagai karyawan dan menjadi pekerja lepas penuh waktu.

Penghasilan Tinggi

Ada peluang yang lebih luas untuk meningkatkan penghasilan Anda. Terkadang ada persepsi yang aneh dan tidak beralasan bahwa pekerja lepas itu selalu kekurangan uang. Beberapa pekerja lepas berpengalaman, menjalankan bisnis yang sehat, tahu apa yang mereka lakukan dalam hal uang, dan menawarkan layanan mereka dengan harga yang sangat tinggi.

Rekomendasi Pekerjaan

1. Penulis

Seorang freelance writer dapat menjadi generalis, menulis konten untuk berbagai publikasi dan saluran, seperti situs web, siaran pers, posting blog, komunikasi internal perusahaan, email, penulisan hibah, proposal, atau buletin. Banyak penulis memilih untuk berspesialisasi dalam saluran atau industri komunikasi tertentu.

Bekerja sebagai penulis dapat membantu klien dalam memecahkan masalah yang kreatif dengan keterampilan yang sangat baik, mampu mengerjakan banyak proyek dengan kompleksitas yang berbeda-beda, dapat bekerja dari jarak jauh sesuai tenggat waktu yang ditetapkan dan, bekerja dengan baik di bawah tekanan.

2. Desainer Grafis

Bekerja untuk menerjemahkan merek, pesan, atau tujuan secara visual melalui kesan yang mudah diingat, efektif, dan estetis. Mengembangkan konsep, grafik, dan tata letak untuk klien untuk mempromosikan produk mereka, mereka langsung menarik perhatian konsumen. Pekerjaan biasanya mencakup papan nama, logo, iklan, label, dan tampilan dalam media analog atau digital. Tugas seorang freelance desainer grafis adalah mengilustrasikan konsep yang diberikan klien menjadi gambaran dasar dan ilustrasi.

3. Manajer Media Sosial

Manajer media sosial adalah sebuah pekerjaan yang bertanggung jawab untuk mengawasi, mengeksekusi, menyaring, menyunting, serta menganalisis aktivitas semua media sosial milik klien. Sebagai freelancer Anda harus bisa mengatur beberapa media sosial, biasanya berupa Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dan juga LinkedIn. Hal yang harus Anda miliki adalah kepekaan terhadap tren yang sedang ramai dibicarakan.

4. Foto dan Video Editor

Freelancer pada bidang ini memiliki tanggung jawab untuk mengambil rekaman video mentah dan mengeditnya, begitu juga pada foto. Proses editing video dan foto ini umumnya dilakukan menggunakan prinsip-prinsip dasar pembuatan film, seperti mengedit footage, membuat cerita, animasi, dan elemen-elemen lainnya untuk membuat video yang menarik secara visual.

5. Data Entry

Bertanggung jawab untuk mentransfer format kertas ke dalam file komputer atau sistem basis data. Freelance data entry menangani pengetikan informasi pelanggan yang diberikan langsung ke dalam format elektronik, membuat spreadsheet dengan angka dalam jumlah besar. Perhatian terhadap detail sangat penting, karena kesalahan dapat menyebabkan masalah yang lebih signifikan dalam perusahaan.

Tugasnya adalah melakukan transfer data dari format kertas ke file komputer atau sistem basis data menggunakan keyboard, perekam data, atau pemindai optik. Mengetik data yang diberikan langsung dari pelanggan. Membuat spreadsheet dengan banyak angka tanpa kesalahan dan verifikasi dokumen.

Bekerja sebagai freelancer bagi mahasiswa adalah kesempatan yang bagus untuk mendapat pengalaman dan juga uang tambahan. Daftarkan diri Anda menjadi freelance di Fastwork. Bekerja sebagai penulis, editor, desainer, bahkan sebagai data entry freelance online tersedia di Fastwork. Kemudahan untuk bekerja dan bekerja dengan berbagai klien bisa Anda dapatkan jika bekerja di Fastwork.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Hartato Sebut Jokowi Milik Bangsa dan Semua Partai

News
| Rabu, 24 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement