Advertisement

Puasa, Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga?

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 24 Maret 2023 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Puasa, Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Orang puasa tetap perlu olahraga untuk menjaga tubuhnya tetap fit. Hanya saja porsi dan waktu olahraga perlu dipertimbangkan. 

Orang yang sedang berpuasa tidak direkomendasikan melakukan olahraga berat seperti bulutangkis atau futsal. Mereka lebih disarankan melakukan olehraga ringan seperti yoga, jalan santai, hingga pilates yang tidak banyak membutuhkan tenaga ekstra. 

Advertisement

Waktu olahraga juga perlu dipertimbangkan. Melansir dari website Siloamhospitals.com, seseorang perlu mempertimbangkan waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa, yaitu sebelum sahur, sebelum berbuka, setelah berbuka, atau sebelum tidur.

Baca juga: Ini 8 Tradisi Ramadan Unik di Indonesia

1. Sebelum Sahur

Olahraga saat puasa dapat dilakukan setengah jam sebelum sahur. Iringi dengan asupan cairan yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Dengan berolahraga sebelum sahur, tubuh akan terasa lebih segar untuk beraktivitas di pagi hari.

2. Sebelum Buka Puasa

Anda juga bisa memanfaatkan waktu singkat sekitar 30 menit sebelum berbuka puasa untuk berolahraga. Anda dapat melakukan jalan santai atau bersepeda dengan jarak sedang. Jika dilakukan secara rutin, aktivitas ini akan membuat tubuh lebih bugar.

3. Setelah Buka Puasa

Apabila ingin berolahraga saat berbuka, tunggulah sampai makanan tercerna dengan baik. Atau, Anda juga bisa berbuka dengan makanan ringan, kemudian mengonsumsi makanan berat setelah berolahraga.

4. Sebelum Tidur

Sebelum waktu tidur tiba, makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa sudah dicerna dengan baik, sehingga Anda memiliki energi yang optimal untuk berolahraga. Anda dapat melakukannya selama 30 menit sebelum tidur. Olahraga saat puasa tidak disarankan dilakukan lebih dari satu jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tahan Pengunjuk Rasa Pro Palestina di Washington

News
| Kamis, 25 Juli 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

7 Lokasi Geopark Jogja di Wilayah Sleman, Rasakan Keindahannya

Wisata
| Selasa, 23 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement