Advertisement

Berawal dari Tak Sengaja, Yossie Justru Terkenal sebagai Penyanyi Langgam Jawa di Jogja

Sunartono
Minggu, 19 Maret 2023 - 06:37 WIB
Sunartono
Berawal dari Tak Sengaja, Yossie Justru Terkenal sebagai Penyanyi Langgam Jawa di Jogja Yossie Riyani dan Anang GSG. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berawal dari tidak sengaja saat pandemi Covid-19, seniman asal Jogja Yossie Riyani justru dikenal sebagai penyanyi langgam Jawa. Ia justru mampu menerbitkan sejumlah single yang diminati masyarakat dengan tetap menjaga kearifan lokal.

Seiring dengan waktu, Yossie pun berduet dengan seniman Jogja lainnya, Anang GSG dalam berbagai pentas tarik suara. Terakhir keduanya menggelar Mini Konser Yossie Riyani dan Anang GSG bertajuk Selalu Bahagia di Grobucks Cafe Jogja, Sabtu (18/3/2023).

Advertisement

Yossie mengungkap menyanyi berawal dari tidak sengaja saat pandemi Covid-19. Meski demikian justru ia dikenal sebagai penyanyi langgam yang mendapatkan respons bagus dari masyarakat. Terbukti ia kerap mendapatkan job untuk bernyanyi di berbagai wilayah DIY dan kota lain di Indonesia.

BACA JUGA : Jadi Artis K-Pop Paling Dermawan, Segini Sumbangan

"Waktu itu [saat pandemi] karena tak ada kegiatan, sering nyanyi-nyanyi. Mendengar suara saya, teman menawari cover lagu rohani. Saya mengiyakan. Terus berlanjut bikin cover lagu campursari, hingga akhirnya siap meluncurkan single perdana. Karena pandemi akhirnya jadi penyanyi," kata Yossie.

Wanita kelahiran 1982 ini tampil pada awal kemunculannya mengusung langgam.  Adapun single perdana bertajuk Kenya Yogya ciptaan Kodhe Mondoliko. Setelah itu ia merilis Praon Cawan, Banyu Wagu Sewindu, Ati Dudu Cagak Wesi dan Kembang Waru.

Salah satu yang paling berkesan saat tampil sebagai penyanyi langgam adalah Ketika bernyanyi di hadapan GKR Mangkubumi. "Banyak masukan saya dapat dari GKR Mangkubumi. Terutama terkait penampilan. Saya penyanyi langgam, maka tidak boleh salah kostum dan penampilan," kata Yossie.

Adapun Anang GSG telah meluncurkan tiga single solo, Sik Tak Roso, Suara Kangen Ati, Wes Ilang Roso. Ia termasuk salah satu seniman multitalent yang pernah menekuni seni tari, ketoprak, MC hingga saat ini menjadi penyanyi.

BACA JUGA : Suara Pengamen Disabilitas Malioboro Ini Bikin Candu

“Kami menyebut Duo YA, ini dimulai setelah duet lagu Selalu Bahagia. Akhirnya berlanjut hingga sekarang.  Di mini konser ini kami membawakan 11 lagu-lagu kami untuk dikenalkan ke masyarakat,” ujar Anang.

Ia merasa cocok duet dengan Yossie, meski sebelumnya sempat harus beradaptasi. “Saya dari tari. Lalu ketoprak. MC, lalu pindah ke nyanyi. Sesekali ikut jatilan. Mbak Yossie pasangan bila saya nge-MC. Dari itu akhirnya kami duet nyanyi,” terang Anang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

IDAI Sebut Layanan Kesehatan Anak Berkualitas Tinggi Belum Merata

News
| Sabtu, 22 Juni 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Libur Iduladha, Warung Satai Klathak di Jogja Ini Diserbu Wisatawan

Wisata
| Kamis, 20 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement