Advertisement

Mengenal Penyebab Bau Mulut Saat Puasa

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 18 Maret 2023 - 22:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Penyebab Bau Mulut Saat Puasa Pemeriksaan gigi dan mulut yang dilakukan dokter gigi alumni FKG UGM memperingati Lustrum ke-15 dan Dies Natalis FKG UGM ke-75, di SDN 1 Bantul, Sabtu (4/3/2023). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah satu masalah yang kerap terjadi saat puasa adalah bau mulut. Saat puasa mulut memang cenderung lebih beraroma kurang sedap di banding hari-hari biasa.

Pernah diberitakan Harianjogja.com sebelumnya, secara umum, bau tidak sedap itu terkait kebebersihan mulut yang buruk. Penumpukan plak bakteri diketahui sebagai penyebab bau mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Advertisement

Kemudian, pembersihan gigi palsu yang tidak benar juga dapat menahan bakteri, karang gigi dan menyebabkan bau mulut ketika tidak dibersihkan dengan benar.

Selanjutnya, beberapa makanan dapat memperburuk bau busuk, seperti bawang, bawang putih dan beberapa jenis rempah-rempah.

Baca juga: Tega! Rombongan Klitih Bawa Celurit Kejar Warga yang Tengah Berjaga di Rumah Duka

Mulut kering atau juga dikenal sebagai xerostomia merupakan salah satu penyebab utama bau mulut. Ini disebabkan oleh aliran air liur yang tidak mencukupi dan merupakan efek samping umum dari obat-obatan tertentu dan merupakan gejala dari beberapa kondisi medis.

Bagaimana bau mulut terjadi selama periode puasa?

Air liur berperan penting dalam melindungi mulut Anda dan mengurangi pertumbuhan bakteri. Pengurangan aliran saliva saat puasa adalah alasan utama bau mulut.

Setelah berbuka, kelenjar air liur segera distimulasi dan produksi air liur menjadi normal. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya, tentu akan lebih mudah untuk meminimalisir timbulnya bau mulut tidak sedap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Deretan Artis Ini Dikabarkan Ikut Maju Pilkada 2024, Ada Raffi Ahmad dan Krisdayanti

News
| Senin, 27 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement