Advertisement

14 Maret Kemarin Ternyata Hari Penting, Ada Hubungannya dengan Valentine

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 15 Maret 2023 - 20:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
14 Maret Kemarin Ternyata Hari Penting, Ada Hubungannya dengan Valentine Table decoration set up yang disiapkan The Atrium Hotel and Resort dalam promo Valentine Romantic Dinner. - Istimewa/The Atrium Hotel and Resort

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tidak banyak yang tahu kalau 14 Maret jatuh sebagai White Day atau Hari Putih. Hari Putih adalah hari balasan bagi pria atau wanita yang menerima hadiah saat Valentine Day pada sebulan lalu tepatnya pada 14 Februari.

Budaya ini bermula pada tahun 1978 di Jepang, dimana pria mengembalikan hadiah yang diterimanya saat hari Valentine baik itu dari perempuan yang menyukainya, istri, rekan kerja wanita, atau anak perempuannya. Seiring waktu negara lain seperti Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan Tiongkok juga merayakan White Day.

Advertisement

Jepang membagi hadiahnya jadi dua yakni "Giri-choco" mengacu pada "cokelat wajib;". Biasanya diberikan kepada teman, anggota keluarga, guru, dan kolega. Lalu ada "Honmei-choco" berarti "cokelat cinta sejati" diberikan kepada seseorang yang ingin kamu ajak menjalin hubungan romantis atau kekasih tercinta.

Seiring perkembangan zaman, hadiah yang diberikan tak terbatas pada cokelat saja dan berikut sejumlah hadiah yang bisa kamu berikan untuk balasan kepada yang terkasih.

Baca juga: 5 Langkah-Langkah Mandi Menggunakan Shower

1. Cokelat

Yang pertama dan utama pastinya adalah cokelat. Cokelat ini bisa kamu buat sendiri atau beli di tempat penjual terbaik. Jika membuat cokelat sendiri tentunya kamu harus menggunakan cokelat putih. Kelebihan dari membuat coklat sendiri akan terasa lebih spesial meskipun tak seenak buatan dari chocolatier.

Selain cokelat white day juga identik dengan memberikan marshmallow, permen, atau cookies. Di negara asalnya masing-masing hadiah ini punya arti tersendiri seperti marshmallow berarti penolakan cinta, cookies ialah kamu hanya dianggap teman, permen ialah lampu hijau tepatnya ia ingin hubungan lebih dari teman, terakhir cokelat yang berarti pernyataan cintamu diterima.

2. Bunga

Siapa sih yang tidak melting ketika mendapat bunga dari orang yang kita sayang? Tapi jangan asal memilih bunga karena hadiah sederhana ini bisa sangat bermakna dengan pilihan bunga yang tepat.

Misalnya bunga tulip memiliki arti cinta yang sempurna, Lilac ungu berarti awal cinta atau cinta pertama bunga yang cocok untuk pasangan baru. Lalu ada bunga matahari yang melambangkan hubungan panjang, pujaan hati, dan cinta murni. Bisa juga Peony untuk menyatakan pasanganmu adalah yang paling cantik.

3. Hadiah buatan tangan

Selain cokelat kamu bisa mencoba hadiah dari buatan tanganmu sendiri. Tak hanya lebih spesial yang pasti ada memori atau pesan tersendiri yang bisa kamu sampaikan dari hadiah buatan tangan. Misalnya dari yang paling sederhana baju couple, kumpulan foto dengan surprise box, atau mug dengan desain kustom

4. Perhiasan atau aksesori

Hadiah seperti ini tentunya wajib kamu berikan untuk menunjukkan rasa cinta pada pasanganmu. Agar sesuai dengan nuansa White Day yang identik dengan putik kamu bisa memilih aksesoris dari emas putih, perak, atau mungkin anting-anting dari mutiara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kritis UKT saat Rakernas PDIP, Megawati: Masa Mau Pinter Disuruh Bayar Mahal?

News
| Minggu, 26 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement