Advertisement

Ini Cara Ampuh Hilangkan Bintik Hitam Bekas Jerawat di Wajah

Tri Indah Lestari (ST22)
Rabu, 15 Maret 2023 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Cara Ampuh Hilangkan Bintik Hitam Bekas Jerawat di Wajah Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selain jerawat yang suka muncul tiba-tiba tanpa diundang, menghilangkan bekas jerawat ternyata lebih sulit dibandingkan mencegah jerawat tumbuh. Bintik hitam pada wajah umumnya muncul akibat memecahkan atau memencet jerawat.

Namun bekas jerawat dapat pula disebabkan genetika dimana anggota keluarga memiliki jaringan parut jerawat, menunda pengobatan untuk peradangan jerawat, tidak menggunakan sunscreen, produksi kolagen menurun, dan produksi melanin meningkat.

Advertisement

Menurut Everyday Health bekas jerawat terbagi atas lima yaitu:

- Rolling Scars, biasanya dangkal, lebar, dan memiliki tepi miring membuat kulit terlihat seperti berombak. Bekas luka ini cenderung terlihat seiring bertambahnya usia.

- Bintik merah, bintik datar, merah (atau kecoklatan) yang terbentuk di tempat lesi jerawat sebelumnya dan akan memudar tanpa bekas.

Baca juga: 5 Langkah-Langkah Mandi Menggunakan Shower

- Bintik Hitam, dikenal juga sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi berasal dari jerawat yang sembuh yang meninggalkan bintik hitam sementara pada kulit.

- Icepick atau Box scars, bekas jerawat yang sangat dalam. Terlihat seperti kulit ditusuk atau berbentuk huruf V dan umumnya disebabkan oleh infeksi dari kista atau noda yang meradang ke permukaan kulit.

- Hypertrophic scars dan Keloid, bekas luka yang terlihat meninggi seperti benjolan ringan diatas bekas luka. Terjadi karena reaksi dari luka, membuat banyak kolagen diproduksi untuk 'menambal' luka sehingga bekasnya justru meninggi. Keduanya tak jauh berbeda namun tak keloid dapat bersifat menahun bahkan permanen. Kondisi bekas jerawat ini seringnya ditemui di bagian punggung terutama pada pria.

Berikut adalah lima cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bintik hitam bekas jerawat di wajah:

1. Double Cleansing

Salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat ialah double cleansing. Metode ini dilakukan dengan membersihkan wajah secara dua tahap dengan bahan yang berbeda, pertama antara menggunakan minyak (cleansing oil/cleansing balm), susu (milk cleanser), dan air (micellar water). Kemudian mencuci wajah dengan facial foam.

Tak heran jika beberapa orang mager untuk melakukan rutinitas ini, padahal manfaatnya sangat ketara jika rutin dilakukan. Setiap debu atau kotoran pada pori-pori akan terangkat, skincare jadi lebih mudah menyerap, dan pastinya mencegah masalah kulit. Untuk kulit kering perhatikan frekuensi double cleansing agar wajahmu tidak semakin kering.

2. Gunakan bahan alami

Buah lemon bisa kamu manfaat untuk mengatasi bintik hitam bekas jerawat. Kandungan vitamin C diyakini dapat mencerahkan dan memudarkan noda hitam bekas jerawat. Caranya bukan di aplikasikan di wajah namun dengan minum air perasan atau jus lemon.

Bisa pula mengandalkan lidah buaya, madu, bubuk kunyit, dan ekstrak biji anggur dimana keempatnya memiliki kemampuan untuk membantu proses penyembuhan luka.

3. Gunakan skincare berbahan AHA, Salicylic Acid, atau Retinoid

AHA, Salicylic Acid, atau Retinol adalah skincare andalan untuk masalah noda hitam bekas jerawat. Ketiganya membantu untuk mengurangi pembengkakan, kemerahan dan peradangan di wajah.

AHA atau Alpha hydroxy acids berfungsi memperbaharui sel-sel di kulit. Salicylic acid membantu meminimalkan munculnya jaringan parut serta membersihkan kotoran, sel kulit, serta kotoran lain penyebab jerawat dari pori-pori kulit.

Sedangkan retinoid mampu memblokir peradangan, mengurangi lesi jerawat, dan mempercepat regenerasi sel. Selain itu retinoid meringankan bekas jerawat hiperpigmentasi, termasuk pada orang dengan warna kulit lebih gelap. Namun jangan lupa aplikasikan sunscreen saat pagi hari setelah menggunakan retinoid di malam harinya.

4. Hindari makanan berlemak

Ingat kecantikan bukan hanya dilakukan dari luar namun dalam juga. Segala upaya yang kamu lakukan akan percuma jika masih mengonsumsi makanan berlemak. Hindari makanan seperti gorengan, pizza, daging berlemak, alpukat, bahkan coklat. Makanan berlemak yang berlebihan akan menumpuk lemak pada kulit dan wajah lebih mudah muncul jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement