Advertisement

Beragam Manfaat Puasa, Salah Satunya Meredakan Stres

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 10 Maret 2023 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Beragam Manfaat Puasa, Salah Satunya Meredakan Stres Buka puasa di Artotel Yogyakarta, Sleman./ Ist - Artotel Yogyakarta

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebentar lagi, puasa Ramadan segera tiba. Puasa tidak hanya memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan fisik tetapi juga mental, salah satunya membantu meredakan stres.

Pernah diberitakan Harianjogja.com sebelumnya, dosen FKKMK UGM, dr. Ronny Tri Wirasto, Sp.KJ mengatakan bahwa banyak hal yang bisa membantu dalam menekan stres, termasuk menjalankan puasa.

Advertisement

Puasa berpengaruh secara langsung dalam meredakan stres. Sebab saat berpuasa orang cenderung melakukan pengaturan makan dengan lebih baik. Asupan makanan yang diatur turut memengaruhi cara berpikir menjadi lebih teratur.

Beberapa studi menunjukkan mengurangi kadar makan, termasuk karbohidrat, lemak, dan lainnya dalam jumlah tertentu selama beberapa minggu akan meningkatkan kemampuan dalam berpikir. Ronny mengatakan cara orang mengenali stres adalah dengan kemampuan berpikir. Dengan kemampuan berpikir yang baik maka emosi lebih terkendali dan menekan stres.

Baca juga: Hidangan Ramadan: Nila Bakar Saus Kurma Cocok untuk Buka Puasa

Dilansir dari website Kemenkes,  puasa memiliki manfaat bagi kesehatan, mulai dari peningkatan penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik. Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan yaitu:

1. Mengontrol Gula Darah

Puasa dapat membantu mengurangi resistensi terhadap insulin serta kadar gula darah berlebih. Hal ini dapat terjadi karena insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dengan cara membawa gula menuju sel tubuh dan menjadikannya sebagai sumber energi.

2. Mengurangi Peradangan

Saat sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar. Tetapi, selain tidak terasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan berujung pada penyakit lain. Untungnya puasa juga dapat mengurangi radang pada tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Puasa juga baik untuk kesehatan jantung. Mengubah pola makan (puasa) dan gaya hidup merupakan cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya menjaga kesehatan jantung, puasa juga dipercaya mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan fungsi otak.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Puasa mempunyai manfaat yakni dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

6. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Puasa tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi mempunyai manfaat yang mampu meningkatkan hormon pertumbuhan. Salah satunya yakni meningkatkan hormon pertumbuhan kekuatan otot.

7. Mencegah Kanker

Dengan berpuasa dapat membantu sel tubuh membersihkan diri melalui proses yang disebut autofagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement