Advertisement

Punya Pekerjaan Impian, Pria Ini Dibayar untuk Tidak Melakukan Apa-apa

Lajeng Padmaratri
Rabu, 01 Maret 2023 - 21:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Punya Pekerjaan Impian, Pria Ini Dibayar untuk Tidak Melakukan Apa-apa Shoji Morimoto, pria Jepang yang dibayar untuk tidak melakukan apa pun. / Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Shoji Morimoto memiliki apa yang dilihat sebagian orang sebagai pekerjaan impian. Dia dibayar untuk tidak melakukan apa pun.

Warga Tokyo berusia 38 tahun itu mematok biaya ¥10.000 atau setara dengan Rp1,1 juta per pemesanan untuk menemani klien dan sekadar hadir sebagai pendamping.

Advertisement

Kepada Reuters, dia berkata bahwa dirinya menjual jasa menyewakan diri untuk menemani klien. "Pada dasarnya, saya menyewakan diri. Pekerjaan saya adalah berada di mana pun klien saya menginginkan saya dan tidak melakukan apa pun secara khusus," kata Morimoto dikutip dari CNA.

Yang mencengangkan, dia mengaku bahwa dia telah menangani sekitar 4.000 sesi dalam empat tahun terakhir. Pria bertubuh kurus itu kini memiliki hampir seperempat juta pengikut di Twitter, tempat dia menemukan sebagian besar kliennya. Kira-kira seperempat dari mereka adalah pelanggan tetap, termasuk yang telah mempekerjakannya sebanyak 270 kali.

Ia menceritakan pekerjaannya pernah membawanya ke taman bersama seseorang yang ingin bermain jungkat-jungkit. Dia juga berseri-seri dan melambai melalui jendela kereta ke orang asing yang menginginkan dirinya diantarkan kepergiannya.

Kendati demikian, pekerjaan tidak melakukan apa-apa yang dilakukannya bukan berarti Morimoto akan melakukan apa saja. Dia telah menolak tawaran untuk memindahkan lemari es dan pergi ke Kamboja, dan tidak menerima permintaan yang bersifat seksual.

Minggu lalu, Morimoto duduk berhadapan dengan Aruna Chida, seorang analis data berusia 27 tahun yang mengenakan sari khas India, mengobrol ringan sambil minum teh dan kue. Chida ingin mengenakan pakaian India di depan umum, tetapi khawatir hal itu akan mempermalukan teman-temannya. Jadi dia menghubungi Morimoto untuk minta ditemani.

"Dengan teman-teman saya, saya merasa harus menghibur mereka, tetapi dengan pria sewaan (Morimoto) saya tidak merasa perlu untuk mengobrol," katanya.

Sebelum Morimoto menemukan panggilan sejatinya, dia bekerja di sebuah perusahaan penerbitan dan sering ditegur karena "tidak melakukan apa-apa".

"Saya mulai bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika saya memberikan kemampuan saya untuk 'tidak melakukan apa-apa' sebagai layanan kepada klien," katanya.

Bisnis pertemanan sekarang menjadi satu-satunya sumber pendapatan Morimoto. Dengan hasilnya itu dia menghidupi istri dan anaknya. Meskipun dia menolak untuk mengungkapkan berapa banyak yang dia hasilkan, dia menyebutkan bahwa ada sekitar satu atau dua klien yang ditemuinya dalam sehari. Sebelum pandemi, jumlahnya lebih banyak hingga tiga atau empat sehari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement