Advertisement

Orang Muda Semakin Kerap Mengalami Serangan Jantung, Kenali Tandanya

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 25 Februari 2023 - 23:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Orang Muda Semakin Kerap Mengalami Serangan Jantung, Kenali Tandanya Sakit jantung pada perempuan -

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Berdasarkan survei terbaru oleh Ohio State University, banyak orang di bawah 40 tahun tidak menganggap diri mereka berisiko mengalami masalah jantung. Namun data statistik serangan jantung selama dua dekade terakhir menceritakan kisah yang berbeda.

Sebuah studi penting yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa tingkat keseluruhan serangan jantung di AS telah menurun sejak tahun 2000, tetapi serangan jantung menjadi lebih umum pada kelompok usia di bawah 40 tahun.

Advertisement

Terlebih lagi, ditemukan bahwa penyintas serangan jantung termuda memiliki kemungkinan yang sama untuk meninggal karena serangan jantung di masa depan sebagai kelompok penyintas paruh baya.

Marc Katz, seorang ahli jantung mengatakan sebagian besar kondisi jantung yang menyerang orang muda memiliki gejala yang tidak spesifik, seperti pusing atau sesak napas. Diperiksa oleh dokter adalah satu-satunya cara pasti untuk menyingkirkan penyebab jantung.

Baca juga: Gawat! Polusi Udara Bikin Perempuan Osteoporosis

"Terkadang pemeriksaan fisik sederhana, seperti mendengarkan detak jantung seseorang, dapat membantu kami mengevaluasi apakah ada sesuatu yang tidak normal pada otot jantung yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut," kata Katz.

Berikut tiga tanda utama penyakit jantung pada usia 20-an dan 30-an.

1. Sesak napas saat berolahraga

Katz mengatakan dia telah melihat banyak pasien mengeluh sesak napas setelah berolahraga untuk pertama kalinya dalam beberapa waktu.

"Karena mereka mencoba untuk kembali bugar, mereka tidak dapat menjawab pertanyaan sederhana 'Apakah saya sedang tidak fit, atau apakah ini sesuatu yang lebih serius?'" katanya.

Menjawab pertanyaan itu bisa sesederhana melakukan tes stres untuk mengukur bagaimana jantung berfungsi selama aktivitas fisik, kata Katz.

Menurut Mayo Clinic, tes stres dapat mengungkapkan apakah masalah yang mendasari aliran darah tersumbat - yang mengarah ke penyakit jantung, terutama pada orang tua - atau detak jantung tidak teratur, yang disebut aritmia.

"Untuk pasien yang lebih muda, sekali lagi, diperlukan percakapan dengan dokter secara empat mata untuk benar-benar menjelaskan apakah kedengarannya lebih serius atau tidak," kata Katz.

2. Pingsan atau pusing

Meski pingsan tidak selalu berhubungan dengan jantung, hal itu mungkin merupakan tanda berkurangnya aliran darah ke dan dari organ vital.

"Jika Anda pernah pingsan, terutama jika Anda berolahraga dan pingsan, itu adalah beberapa gejala yang 100% harus Anda periksakan ke dokter," kata Katz.

Dia menambahkan bahwa gejala lain seperti jantung berdebar, pusing, dan pusing juga harus menjadi peringatan bagi orang muda dan orang sehat.

3. Detak jantung tidak teratur

Jika Anda merasa jantung Anda berdetak terlalu cepat atau terlalu lambat, atau seperti berhenti berdetak, Anda harus menemui ahli jantung untuk mengesampingkan kemungkinan masalah fungsional.

Jantung berdebar juga dapat dikaitkan dengan kecemasan atau stres, tetapi Katz mengatakan kecemasan adalah "diagnosis eksklusi" bagi ahli jantung. Tanpa ujian untuk mengevaluasi ritme jantung dan fungsi otot, tidak ada yang tahu bahwa kecemasan saja yang menyebabkan jantung berdebar kencang.

"Seringkali pasien dengan kecemasan dapat mengalami palpitasi yang dapat membuat mereka lebih cemas, dan kecemasan itu dapat membuat mereka lebih berdebar," kata Katz.

Kadang-kadang menemui ahli jantung dapat meredakan kecemasan pasien meskipun tidak ada yang salah dengan jantungnya. Pembacaan sederhana seperti EKG dapat memberikan lebih banyak informasi kepada pasien dan penyedia, memberikan ketenangan pikiran bagi semua orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cak Imin Tetapkan Kriteria Calon Kepala Daerah yang Diusung PKB

News
| Sabtu, 20 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement