Advertisement

Produsen Pil Ciptakan Obat Sembelit yang Bisa Bergetar dalam Perut

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 24 Februari 2023 - 20:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Produsen Pil Ciptakan Obat Sembelit yang Bisa Bergetar dalam Perut Ilustrasi sakit perut gangguan pencernaan. - Shutterstock

Advertisement

Harianjogja.com, NEW YORK—Ketika sembelit menyerang, sebagian dari kita akan segera mencari obat pencahar. Namun, pernahkah Anda membayangkan obat sembelit yang bisa bergetar di dalam perut?

Sembelit kronis menjadi masalah kesehatan yang serius saat ini. Entah disebabkan karena usia, pola makan, gaya hidup, atau gen yang buruk, sembelit mempengaruhi kehidupan banyak orang dewasa.

Advertisement

Penderita sembelit idiopatik kronis berjuang untuk menemukan kelegaan bahkan dengan terapi pencahar yang kuat dan akhirnya harus menjalani prosedur medis yang tidak nyaman untuk membersihkan usus besar mereka. Untungnya, mereka kini memiliki alternatif bebas obat dalam bentuk kapsul getar.

Produsen di bidang medis Vibrant Gastro baru-baru ini menciptakan Vibrant, kapsul cerdas yang dapat dicerna yang bergetar di dalam usus Anda untuk merangsang usus besar secara mekanis dan meningkatkan frekuensi buang air besar tanpa menggunakan obat-obatan.

Kapsul getar ini dimaksudkan untuk ditelan selama lima malam per minggu, tepat sebelum waktu tidur. Pil pintar ini harus diaktifkan sebelum digunakan dengan pod yang disertakan dalam kemasannya dan kemudian segera ditelan. Mereka telah diprogram sebelumnya untuk bergetar selama dua jam. Kemudian mereka mati secara otomatis selama enam jam lagi, dan kemudian hidup kembali selama beberapa jam lagi.

“Pil merangsang sel saraf khusus di usus yang disebut sel mekanosensori,” kata Ben Feldman, kepala pemasaran di Vibrant Gastro, dikutip dari Oddity Central.

“Ini membantu memicu gerak peristaltik, kontraksi otot bergelombang yang membantu memeras makanan melalui usus. Pengaturan waktu stimulasi mekanis yang telah diprogram dianggap meningkatkan motilitas kolon dengan memanfaatkan jam biologis tubuh,” imbuhnya.

Kapsul Vibrant bergetar sangat lembut saat melewati usus pengguna dan akhirnya dihilangkan melalui gerakan usus. Sebagian kecil peserta dalam uji coba medis fase tiga melaporkan bahwa mereka dapat merasakan pil bergetar, tetapi tidak satupun dari mereka menggambarkan sensasi itu sebagai tidak nyaman.

Pil getar yang bisa melancarkan buang air besar. - Ist

Pil, yang terbuat dari bahan kelas medis yang sama dengan pil kamera yang digunakan oleh ahli gastroenterologi, adalah pengobatan untuk sembelit idiopatik kronis. Dalam uji coba medis kecil, sekitar 40% pasien yang menggunakan pil getar mengalami buang air besar tambahan dibandingkan dengan 23% orang yang berada di kelompok kontrol. Dan sekitar 23% orang yang menggunakan Vibrant mengalami dua kali buang air besar tambahan dibandingkan dengan hanya sekitar 12% orang dalam kelompok kontrol. 

Pil bergetar ini telah disetujui oleh Food and Drug Administration atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat untuk digunakan oleh orang dewasa dengan sembelit kronis yang tidak mendapatkan bantuan dari terapi pencahar setelah penggunaan selama sebulan.

Dengan harga sekitar $89 atau setara Rp1,3 juta untuk penggunaan selama sebulan, kapsul ini memang lebih mahal daripada terapi pereda sembelit tradisional. Akan tetapi, Vibrant Gastro berharap pil ini membuatnya lebih terjangkau dengan bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk mendapatkan perlindungan dalam rencana komersial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement