Advertisement

Penderita Diabetes Minum Susu, Amankah?

Tri Indah Lestari (ST22)
Kamis, 23 Februari 2023 - 21:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Penderita Diabetes Minum Susu, Amankah? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASusu merupakan sumber penting kalsium, protein, dan vitamin D, tetapi juga mengandung lemak dan karbohidrat yang berfungsi meningkatkan gula darah.

Lantas, apakah aman bagi penderita diabetes untuk minum susu? Inilah yang dikatakan ahli diabetes.

Advertisement

Penderita diabetes biasanya direkomendasikan makanan rendah GI untuk membantu mengelola kondisi mereka.

Berbagai makanan biji-bijian, sayuran berdaun hijau, protein tanpa lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian semuanya dianggap sebagai bagian dari diet ramah diabetes. Namun, satu kelompok makanan yang membuat penderita diabetes bingung adalah susu.

Susu dikatakan memiliki lemak yang dapat meningkatkan kadar gula darah, tetapi pada saat yang sama susu juga memiliki nutrisi penting seperti protein, kalsium, dan Vitamin D, yang dapat membantu mengatasi penyakit.

Baca juga: Mengenal Sindrom Warner, Penyakit Langka Bikin Orang Tampak Tua

Studi kesehatan tertentu merekomendasikan konsumsi susu tanpa lemak bagi penderita diabetes untuk mendapatkan manfaat maksimal dari 'makanan lengkap'.

Selain itu, setiap individu berbeda, jadi seseorang harus memantau kadar gula darahnya setelah mengonsumsi susu dan melihat apakah itu cocok untuknya.

“Tidak ada bukti bahwa susu dapat menyebabkan diabetes atau memperparah diabetes dan bahkan mungkin bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Susu juga merupakan sumber kalsium yang sangat baik terutama untuk ibu hamil dan anak-anak yang sedang tumbuh. Oleh karena itu, susu harus dilanjutkan dan dipromosikan untuk digunakan bagi masyarakat," kata Dr V. Mohan Ketua dan Kepala Ahli Diabetes Pusat Spesialisasi Diabetes India, dilansir dari Hindustantimes.

Berapa banyak susu yang ideal untuk penderita diabetes?

Meski demikian, Dr Mohan memperingatkan bahwa segelas susu sangat ideal dan penderita diabetes diimbau tidak terlalu banyak minum susu.

Dr Mohan mengutip studi yang dilakukan oleh mereka sebagai bagian dari studi Epidemiologi Pedesaan Perkotaan Chennai (CURE) di mana mereka yang mengonsumsi susu dan produk susu lainnya memiliki prevalensi diabetes yang lebih rendah dan ini adalah bukti pertama bahwa buku harian pada umumnya dan susu pada khususnya mungkin melindungi terhadap diabetes tipe 2.

Dia juga mengatakan ada bukti yang sangat kuat bahwa susu benar-benar bermanfaat bagi penderita diabetes dan karena itu mitos bahwa minum susu adalah penyebab diabetes atau alasan mengapa diabetes tidak terkontrol dengan baik.

“Ada beberapa studi awal dari Skandinavia yang menyatakan bahwa susu sapi jika diberikan terlalu dini kepada bayi, mungkin terkait dengan Diabetes tipe 1 yang timbul pada masa kanak-kanak. Namun hal ini kemudian dibantah," kata ahli tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Indonesia Butuh Payung Hukum untuk Energi Terbarukan

News
| Selasa, 26 September 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement