Advertisement

Harian Jogja

7 Buah Ini Baik untuk Diet, Ada Jeruk Bali

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 28 Januari 2023 - 03:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
7 Buah Ini Baik untuk Diet, Ada Jeruk Bali Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Buah bisa menjadi makanan saat kita sedang melakukan program diet. Sifatnya yang kaya serat membuat kita lebih mudah kenyang dan melancarkan pencernaan. 

Selain itu buah juga memiliki nutrisi yang menyehatkan untuk tubuh. 

Advertisement

BACA JUGA:  TelkomClick 2023: Kesiapan Kerja Karyawan dalam Sukseskan Strategi Five Bold Moves di Tahun 2023

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini sederet buah yang baik dikonsumsi untuk diet. Apa saja?

1. Jeruk Bali

Jeruk bali termasuk salah satu buah yang baik untuk diet serta penurunan berat badan. Setengah dari jeruk bali mengandung 39 kalori serta menyediakan 65 persen asupan harian untuk vitamin C. Buah ini memiliki indeks glikemik yang rendah, berarti mampu melepaskan gula ke dalam aliran darah dengan lebih lambat. Buah ini mampu menurunkan kalori yang masuk ke tubuh, peningkatan kadar kolesterol, serta mengurangi lemak tubuh.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam buah ini bermanfaat untuk menunda lapar. Selain dapat memberikan efek kenyang lebih lama, alpukat juga dapat mengontrol kadar gula darah. Lemak baik dalam alpukat baik bagi kesehatan jantung serta mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). Alpukat kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Dalam 100 gram alpukat, terkandung sekitar 7 gram serat, 15 gram lemak baik, folat, dan vitamin B6.

3. Apel

Apel termasuk buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Buah untuk diet ini mengandung sekitar 116 kalori dan 5,4 gram serat untuk ukuran yang besar. Maka dari itu, buah ini mampu untuk mendukung penurunan berat badan. Hal ini disebabkan apel yang dimakan utuh dapat mengurangi rasa lapar sehingga nafsu makan terkendali. Kamu juga bisa mengonsumsinya menjadi salad buah atau dicampur dengan yoghurt.

4. Pisang

Pisang bisa menunda rasa lapar sekaligus meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, pisang adalah buah yang bebas lemak, kolesterol, dan rendah natrium, tetapi kaya akan vitamin dan mineral.

5. Kiwi

Kiwi memiliki konsentrasi nutrisi yang tinggi, sehingga buah ini sangat baik untuk penurunan berat badan. Buah ini kaya akan serat, vitamin E, vitamin C, dan folat. Maka dari itu, kiwi termasuk buah untuk diet yang sangat baik dikonsumsi. Buah ini juga dapat meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi tekanan darah. Kiwi dapat diolah menjadi smoothie atau jus dan bahkan dibuat menjadi salad buah.

6. Beri

Beri termasuk buah yang dapat meningkatkan tenaga dengan rendah kalori. Terbukti jika buah beri dapat menimbulkan rasa kenyang saat dikonsumsi. Selain itu, buah ini dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan peradangan, yang sangat baik dikonsumsi seseorang dengan kelebihan berat badan. Buah ini bisa dikombinasikan dengan sereal atau yoghurt.

7. Jeruk

Jeruk adalah buah dengan rendah kalori dan tinggi vitamin C juga serat. Buah ini dapat menimbulkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Maka dari itu, sangat baik untuk mengonsumsi buah ini secara rutin untuk seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

BACA JUGA:  Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY, Jumat 31 Maret 2023: Siang Ini, Sleman dan Kota Jogja Hujan Petir

News
| Jum'at, 31 Maret 2023, 06:07 WIB

Advertisement

alt

Deretan Warung Sate di Seputaran Imogiri, Serbu Saat Buka Puasa!

Wisata
| Kamis, 30 Maret 2023, 12:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement