Advertisement

Ini Kelinci Terkecil di Dunia, Hanya Seukuran Telapak Tangan Orang Dewasa

Lajeng Padmaratri
Rabu, 11 Januari 2023 - 21:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Ini Kelinci Terkecil di Dunia, Hanya Seukuran Telapak Tangan Orang Dewasa Pigmy Basin Columbia, jenis kelinci terkecil di dunia. - Facebook - Christopher Paquin

Advertisement

Harianjogja.com, WASHINGTON—Siapa sangka jika hewan kelinci juga bisa menjadi salah satu spesies yang langka. Jenis kelinci kerdil itu ialah Pigmy Basin Columbia, yang merupakan jenis kelinci terkecil dan mungkin paling langka di dunia.

Melansir Oddity Central, kelinci ini asli dari wilayah negara bagian Washington. Beratnya di bawah 500 gram dan ukurannya hanya sebesar telapak tangan orang dewasa.

Advertisement

Sayangnya, kelinci Pigmy Basin Columbia berstatus terancam punah saat ini. Trah ini dinyatakan punah di alam liar pada 2001, ketika 14 spesimen terakhirnya diambil dari habitat asli dan dimasukkan ke pusat penangkaran.

Meskipun para ilmuwan telah melakukan berbagai upaya terbaik, namun kelinci Pigmy Basin Columbia tidak berkembang biak seperti yang diharapkan di penangkaran, alasannya karena perkawinan sedarah dalam populasi kecil.

Kelinci jantan ras terakhir mati pada tahun 2006. DNA murni dari ras tersebut mati bersama mereka, tetapi ahli konservasi berhasil menyelamatkan ras tersebut dengan mencampurkannya dengan kelinci kerdil Idaho.

Kelinci Pigmy Basin Columbia memakan tanaman sagebrush pada musim dingin. Hilangnya habitatnya yang kaya sagebrush akibat pengembangan pertanian dan kebakaran hutan menjadi salah satu alasan utama kelinci ini dinyatakan punah, di samping alasan pemangsaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Raih MURI, Kini Habbie Memenangkan Penghargaan Indonesia Brand Champion 2023

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement