Advertisement

Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Durian, Benarkah?

JIBI
Kamis, 17 November 2022 - 08:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Durian, Benarkah? Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Selama ini, banyak anggapan yang berkembang bahwa ibu hamil tidak boleh makan durian. Padahal, hal itu diperbolehkan dengan sejumlah catatan.

Ada yang mengatakan bahwa buah tersebut bisa membahayakan bayi di dalam kandungan. Yang jelas ada banyak hal yang perlu diperhatikan wanita hamil di setiap trimester kehamilan. Salah satunya adalah memperhatikan nutrisi serta gizi yang dikonsumsi agar si kecil berkembang dengan baik.

Advertisement

Dikutip dari Mayo Clinic, mengonsumsi makanan sehat untuk wanita yang sedang mengandung akan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan janin. Hal yang perlu dilakukan ibu adalah memahami nutrisi mana yang paling kamu butuhkan.

Menjawab pertanyaan apakah boleh ibu hamil makan durian, jawabannya hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hanya ada dampak negatif buah tersebut terhadap kehamilan.

Menurut laman hellosehat.com yang dikutip dari Solopos.com pada Kamis (17/11/2022), dikutip dari Universiti Teknologi Malaysia, Dr. Patrick Chia, ahli perinatology mengatakan bahwa ibu hamil boleh makan durian tetapi tidak boleh berlebihan.

Akan tetapi, ibu hamil dengan kondisi diabetes gestasional harus menghindarinya karena kandungan gula yang tinggi. Lalu, sebaiknya hindari konsumsi durian untuk ibu hamil di trimester ketiga karena dapat mengakibatkan obesitas pada janin. Jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, durian justru mempunyai beberapa manfaat untuk ibu hamil.

Hal ini karena durian kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, serta kandungan mineral seperti iron, magnesium, potasium, fosfor, zinc, hingga kalsium. Kandungan folat di dalamnya bermanfaat untuk perkembangan janin seperti melindungi otak dan juga tulang belakang.

Tidak hanya itu saja, kandugan vitamin dan mineral seperti zat besi pada durian juga diklaim dapat menyeimbangkan produksi hemoglobin yang mencegah anemia pada ibu hamil. Maka dari itu, ibu hamil juga dapat terhindar dari kelelahan, sakit kepala, insomnia, hingga kelainan pada janin.

Selain itu, durian juga mengandung organo-sulfur dan triptofan yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dan jamur, sehingga ibu hamil boleh saja makan buah ini asal tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejar Pertumbuhan Pelanggan Baru, XL SATU Hadirkan Paket Mulai Rp276 Ribu

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Bukan Kompetitor, Wisata Joglosemar Diminta Lebih Bersinergi

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 08:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement