Advertisement

Nyeri Pinggang Akibat Saraf Kejepit, Ini Gejalanya

Lajeng Padmaratri
Senin, 07 November 2022 - 08:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Nyeri Pinggang Akibat Saraf Kejepit, Ini Gejalanya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Baru-baru ini, presenter Nikita Mirzani dilarikan ke rumah sait akibat saraf kejepit. Hal itu dilakukan saat ia masih dalam masa penahanan di Rutan IIB Serang, Banten.

Penyakit yang diderita Nikita Mirzani ini disebut sudah dialaminya sejak lama. Sebelum terlambat, kenali gejala saraf kejepit seperti diidap artis Nikita Mirzani.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Saraf terjepit, atau juga disebut radikulopati, terjadi ketika jaringan di sekitar saraf, seperti tulang, otot, tendon, dan tulang rawan, memberikan terlalu banyak tekanan pada suatu area saraf. Tekanan tidak wajar ini akan mengganggu fungsi normal saraf. Bila ada saraf yang terjepit, tubuh lantas bereaksi dengan rasa sakit, mati rasa/baal, kesemutan, atau rasa seperti tersengat, dengan tujuan sebagai pertanda bahwa ada sesuatu yang salah di tubuh.

Saraf terjepit bisa terjadi di beberapa area tubuh. Tonjolan bantalan sendi di tulang pinggang misalnya, dapat memberi tekanan pada saraf sehingga menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke tungkai bawah. Saraf yang terjepit di pergelangan tangan juga dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di telapak tangan dan jari (sindrom terowongan karpal, carpal tunnel syndrome).

Dengan istirahat dan perawatan di rumah, kebanyakan orang pulih dari saraf terjepit dalam beberapa hari atau minggu. Terkadang prosedur medis diperlukan untuk menghilangkan rasa sakit akibat saraf terjepit. Semakin cepat terdiagnosis dan mendapat perawatan untuk saraf terjepit, maka semakin cepat rasa sakit itu reda.

Berikut ini sejumlah gejala saraf kejepit menurut primayahospital.com dikutip dari Solopos.com pada Senin (7/11/2022):

  1. Rasa sakit yang tajam di sepanjang area yang terkena adalah salah satu tanda yang paling umum. Rasa sakit ini mungkin hilang-timbul, tapi tak jarang bertahan dalam waktu lama sehingga butuh pertolongan medis segera.
  2. Beberapa orang mengalami mati rasa/baal di area tubuh yang terkena.
  3. Rasa sakit juga bisa menjalar ke area lain. Misalnya, rasa sakit seperti tertusuk atau terbakar, dapat berawal dari paha, lalu menyebar ke area betis hingga ujung kaki.
  4. Area yang mengalami saraf terjepit bisa juga mendapat sensasi seperti kesemutan.
  5. Rasa lemah atau berat saat menggunakan otot tertentu juga merupakan gejala penting saraf kejepit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

IKM Center Kota Magelang Dibuka, Jadi Wadah Promosi Pelaku Usaha

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di DIY

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement