Advertisement

Kesalahan yang Dilakukan Saat Mengejar Kebahagiaan

Newswire
Kamis, 06 Januari 2022 - 07:27 WIB
Jumali
Kesalahan yang Dilakukan Saat Mengejar Kebahagiaan Ilustrasi depresi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Banyak orang yang ingin bahagia. Namun, terkadang tanpa sadar saat mengejar kebahagiaan itu kamu telah melakukan kesalahan. Akibatnya, bukan bahagia malah menderita, atau sekalipun merasa bahagia, kebahagiaan yang dirasakan itu bersifat semu.

Supaya kamu bisa menghindarinya, sebaiknya kenali apa saja jenis kesalahan yang sering orang lakukan saat mengejar kebahagiaan. Berikut ulasannya :

Advertisement

1. Mudah terpuruk dan sulit bangkit saat mengalami kegagalan

Setiap orang punya definisi bahagianya sendiri. Bagi yang selama ini hidup selalu dalam kondisi kekurangan finansial, maka memiliki kelimpahan materi diasosiasikan dengan bahagia.

Sayangnya, dalam mengejar kebahagiaan itu, tentu siapa pun pasti akan mengalami kegagalan, bukan? Alih-alih berusaha mengambil hikmah dari kegagalan itu, dan bangkit, tapi kamu malah mudah sekali terpuruk berlama-lama.

2. Enggak sabar

Apa pun yang berharga dibutuhkan usaha untuk meraihnya. Sayangnya, gak semua orang bisa sabar untuk mendapatkannya. Justru ketidaksabaran inilah yang bikin kamu jadi sulit bahagia.

Sebagai contoh, kamu ingin menjadi pebisnis yang berhasil. Baru juga buka, kamu sudah menginginkan untung banyak. Ketika sepi, kecewanya bukan main. Itu cara pandang yang salah, lho!

3. Memilih jalan yang salah

Memilih jalan yang salah saat mengejar kebahagian sangat berkaitan dengan poin sebelumnya. Banyak orang yang ingin mengejar kebahagiaan dengan cara instan, sehingga memilih jalan yang salah.

Misalnya, ingin menjadi artis ternama. Bukannya fokus menghasilkan karya, malah bikin sensasi yang kemudian mencemarkan nama baik sendiri dan keluarga.

Begitu pula keinginan untuk bisa punya gaya hidup bak sosialita. Bukannya fokus pada mencari pundi-pundi penghasilan halal, malah memilih jalan pintas melakukan praktik prostitusi. Duh!

4. Memiliki ekspektasi terlalu tinggi

Enggak salah, kok, kalau kamu punya impian besar. Akan tetapi, ketika mengupayakannya, harus tetap menginjak bumi. Jangan langsung berekspektasi kalau impian besarmu itu mendadak langsung terkabul. Hal itu malah akan membebani diri sendiri dan rentan membuatmu kecewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement