Advertisement

Gunakan Pita Seluloid, Pemain Film Ini Mengaku Latihan 8-12 Kali

Lajeng Padmaratri
Selasa, 30 November 2021 - 13:47 WIB
Sunartono
Gunakan Pita Seluloid, Pemain Film Ini Mengaku Latihan 8-12 Kali Para pemain film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, Marthino Lio, Sal Priadi, dan Ratu Felisha saat temu media di Jogja, Senin (30/11). -Harian Jogja - Lajeng Padmaratri.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Film berjudul "Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas" segera tayang di bioskop. Penonton telah menantikan kehadiran film adaptasi dari novel karya Eka Kurniawan ini.

Salah satu alasannya ialah lantaran film ini menampilkan latar 1980-an. Sang sutradara, Edwin, berupaya keras menyuguhkan sinema yang estetik, salah satunya dengan menggunakan medium pita seluloid 16mm.

Advertisement

BACA JUGA : Kadet 1947, Film yang Layak Ditonton Generasi Muda

Marthino Lio, salah satu pemeran, menceritakan tantangan selama proses produksi film ini. Ia memerankan Ajo Kawir, pria jagoan yang tak takut mati namun memiliki rahasia pribadi.

"Karena kita semua sadar syutingnya pakai film, dan setiap roll itu ada uang yang dikeluarkan, maka semakin matang kita latihan. Jadi sekalinya latihan itu bisa ada yang 8-12 kali," kata Lio kepada wartawan usai special screening di Jogja, Senin (29/11/2021).

Berkat arahan asisten sutradara yang tegas, Lio pun mengaku  jadi lebih disiplin agar tidak menghabiskan jatah roll film yang digunakan selama proses produksi. "Kita dibatasi per-shot itu 3 kali take," lanjutnya.

Hadir di kesempatan yang sama, Sal Priadi yang memerankan tokoh Tokek, sahabat Ajo Kawir. Ia bercerita soal pengalamannya debut lewat film ini. Ia sempat merasa tertekan karena debut di film yang diproduksi dengan pita seluloid bersama sejumlah pemain kawakan lainnya.

"Tentu banyak pressure di awal, tapi gue ngerasa situasinya membantu. Semua orang yang bekerja di dalamnya membuat nyaman," ujarnya.

BACA JUGA : Paniradya Kaistimewan DIY Manfaatkan Media Film 

Selain keduanya, film ini juga melibatkan sejumlah artis di antaranya Ladya Cheryl (Iteung), Reza Rahadian (Budi Baik), Ratu Felisha (Jelita), dan Christine Hakim (Mak Jerot).

Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas ini berhasil membawa pulang Golden Leopard di Locarno International Film Festival 2021 belum lama ini. Film dengan kategori dewasa (18+) ini segera dapat disaksikan di bioskop seluruh Indonesia pada 2 Desember mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement