Advertisement

Kenali Ciri Tipe Pria Pencemburu, Hati-hati Jadi Toxic Relationship

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 23 November 2021 - 21:27 WIB
Bhekti Suryani
Kenali Ciri Tipe Pria Pencemburu, Hati-hati Jadi Toxic Relationship Ilustrasi - Dailyurbanista

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Semua manusia punya rasa cemburu, termasuk pria pada pasangannya.

Cemburu adalah tanda cinta dan bumbu hubungan, asal jangan berlebihan dan akhirnya menjadi sebuah toxic dalam hubungan.

Advertisement

Umumnya perempuan lebih ekspresif dalam menunjukkan kecemburuannya, sedangkan pria tidak.

Tetapi, ada tipe pria yang terhitung pencemburu dan mungkin ini membuat Anda sebagai pasangannya merasa terbebani.

Berikut tanda dan ciri pria pecemburu dilansir dari Bolde:

1. Terus bertanya keberadaan Anda

Ada garis tipis antara sanjungan dan obsesi, dan ini berjalan sesuai batas. Jika Anda tidak dapat menghabiskan waktu jauh darinya tanpa diburu oleh pertanyaan atau permintaan 'Temukan iPhone Saya', itu pasti yang terakhir. Rasa tidak amannya seharusnya tidak memengaruhi gaya hidup Anda jika dia tidak tahu cara memercayai orang. Jangan menunda hidup Anda menunggu dia mengejar ketertinggalan emosional.

Dia terus-menerus mengirimi Anda pesan saat Anda keluar dengan teman-teman. Bagaimanapun, Anda seharusnya tidak merasa seperti sedang dalam pelarian setiap kali Anda menghabiskan waktu dengan orang lain. Di sinilah ada baiknya berkonsultasi dengan teman atau spesialis untuk mendapatkan saran.

2. Memaksakan aturan dalam hubungan

Di sinilah hal-hal mulai menjadi sangat dipertanyakan, terutama jika aturannya tidak sama untuk kedua belah pihak. Jika dia menjadikan dirinya pengecualian untuk semua aturan ini, dia mengawasi Anda dan mencoba mengubah Anda.

Anda mungkin tidak merasa seperti terjebak dalam sangkar, tetapi Anda tentu tidak bebas jika pacar Anda menjadi sipir Anda. 

3. Tidak mengizinkan bertemu teman-teman

Dia lebih suka Anda tidak berteman dan bergantung padanya daripada berpengetahuan luas dan nyaman di sekitar orang lain. Ini adalah perilaku yang mulai mengkhawatirkan.

Dia ingin menjadi satu-satunya suara di telinga Anda karena sebagian besar kecemburuan adalah kepemilikan. Bicaralah dengan konselor bimbingan, mulailah menegaskan kembali batasan Anda, dan beri dia ultimatum sebagai balasannya. Dia perlu meredakan dan menilai kembali sifat kasih sayangnya kepada Anda. Jika tidak, seluruh hubungan akan hancur.

4. Mengendalikan

Jika Anda mulai merasa dikelilingi di semua lini karena hubungan Anda dengan pasangan yang cemburu, inilah saatnya untuk mundur selangkah. Anda akan mulai menebak-nebak diri sendiri dan dia akan menyalahkan Anda sampai Anda lupa mendengarkan orang-orang di sekitar Anda. Dia seorang narsisis.

5. Anda mulai merasa bersalah

Tidak ada yang punya alasan untuk menjalani hidup mereka diganggu oleh rasa bersalah yang bukan kesalahan mereka. Jangan mengambil rasa tidak amannya hanya karena dia baik kepada Anda di awal. Kecemburuan mungkin membuat Anda merasa diinginkan dan diinginkan pada awalnya, tetapi ketika itu berdampak pada kesehatan mental Anda, inilah saatnya untuk keluar dari sana.

6. Dia mengatur cara berpakaian Anda

Sulit untuk menjelaskan bahwa pacar Anda menyuruh Anda memakai sesuatu yang dia inginkan agar dia merasa aman atau untuk kebaikan Anda.

Dia mungkin berharap bisa mengendalikan Anda. Tidak ada orang yang mencintaimu akan mencoba meredupkan cahayamu, mereka akan memperkuatnya. Jangan pernah menerima kekasih yang cemburu karena mereka tidak akan ada untuk mendukung kemenangan Anda.

7. Mengungkit mantan

Jika Anda merasa masa depan Anda ditentukan olehnya, dan pada saat yang sama, Anda tidak bisa lepas dari masa lalu Anda, jatuhkan dia. Jika Anda memilih untuk menceritakan kerentanan dan hubungan masa lalu Anda dengannya, maka dia tidak boleh menggunakannya sebagai amunisi untuk melawan Anda. Ini adalah bendera merah besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement