Advertisement

Waktu Tepat Minum Vitamin D Menurut Ahli

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 19 September 2021 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Waktu Tepat Minum Vitamin D Menurut Ahli Ilustrasi vitamin D - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Vitamin D adalah nutrisi penting untuk kesehatan dengan beragam khasiat, mulai dari meningaktkan suasana hati, kesehatan tulang, kekebalan, dan banyak lagi.

Sayangnya, banyak dari kita tidak mendapatkan cukup vitamin D yang bisa didapat dari sinar matahari ini.

Advertisement

"Pada dasarnya tidak ada sumber makanan alami vitamin D yang baik," kata peneliti vitamin D terkenal Michael Holick, profesor kedokteran di Boston Universitas dan penulis The Vitamin D Solution dilansir dari Eat This.

Karena porsi 3 ons salmon yang dibudidayakan mengandung sekitar 447 IU, sementara secangkir susu yang diperkaya menawarkan hingga 100 IU, dan 8 ons yogurt vanila hanya menyediakan 86 IU.

Dan meskipun Anda bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, secara praktis masih tidak mungkin untuk memenuhi kebutuhan Anda melalui makanan dan paparan kulit yang aman saja.

Faktanya, penelitiannya tentang kadar vitamin D telah menemukan bahwa rata-rata kadar serum 25-hidroksivitamin D [25(OH)D] (biomarker klinis status vitamin D) orang dewasa di AS hanya berkisar antara 18 hingga 22 ng/ ml pada akhir musim dingin, dan masih hanya pada 29 ng/ml pada akhir musim panas. Keduanya berada di bawah batas 30 ng/ml untuk kecukupan vitamin D awal. (yaitu, batas, bukan tujuan). 

Karena faktor-faktor yang berbeda ini, Holick (bersama dengan banyak praktisi dan peneliti kesehatan lainnya) merekomendasikan suplementasi vitamin D setiap hari.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin D—dan bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari rejimen Anda? Inilah yang dikatakan para ahli.

Karena vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak, ia sangat menyukai sumber lemak agar dapat diserap dengan baik di dalam tubuh. Menurut ahli diet integratif Whitney Crouch, RDN, CLT, suplemen vitamin D terbaik diserap jika dikonsumsi dengan makanan yang mengandung alpukat, minyak zaitun, rami, atau sumber lemak bermanfaat lainnya".

Jadi, konsumsi suplemen D standar Anda saat perut kosong mungkin bukan ide terbaik.

Namun, jika suplemen Anda sudah dikemas dengan lemak yang cukup, tidak perlu dikonsumsi bersama makanan.

Mungkin Anda pernah mendengar beberapa rumor saat ini yang mengatakan minum vitamin D tidur dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D terlibat dalam produksi hormon melatonin, yang membantu mengatur ritme sirkadian dan tidur Anda. Seperti yang dijelaskan oleh direktur urusan ilmiah mbg Ashley Jordan Ferira, hubungan vitamin D dan tidur tampaknya merupakan hubungan dua arah.

Kurang asupan vitamin D bisa berakibat kurangnya kualitas tidur, dan ketidakcukupan tidur terkait dengan risiko kekurangan vitamin D yang lebih tinggi.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi vitamin D?

Menurut para ahli, kapan Anda minum suplemen vitamin D Anda benar-benar terserah Anda. "Tidak harus diambil pada waktu tertentu," kata Connie Weaver, profesor di Departemen Ilmu Gizi di Universitas Purdue.

"Waktu terbaik adalah kapan pun dalam jadwal Anda, Anda dapat mengingat untuk meminumnya."

Selama suplemen Anda mengandung lemak, Anda memiliki banyak fleksibilitas waktu minum, baik sebelum atau sesudah makan. 

Dan jika Anda kebetulan mengonsumsi vitamin D di waktu yang berbeda atau bahkan lupa meminumnya, jangan panik.

"Vitamin D sangat pemaaf. Jika Anda melupakannya suatu hari, Anda dapat mengambil dua kali lipat pada hari berikutnya," ujar Hollick

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement