Advertisement

Simak! 7 Kebiasaan Makan BiSA Berakibat Buruk Bagi Otak Anda

Ni Luh Anggela
Rabu, 15 September 2021 - 12:57 WIB
Sunartono
Simak! 7 Kebiasaan Makan BiSA Berakibat Buruk Bagi Otak Anda Otak - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Otak adalah salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh kita. Organ ini memiliki peran penting dalam mengendalikan seluruh tubuh. Oleh karena itu, kesehatan otak sangat penting untuk dijaga agar fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.
 
Menurut The World Federation of Neurology, kesehatan otak memengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi, membuat keputusan yang tepat, dan menjalani gaya hidup sehat. Sejumlah faktor berkontribusi terhadap kesehatan organ ini, termasuk pola tidur, olahraga, dan diet.

BACA JUGA : Saran Ahli Diet, Ini Makanan Terbaik untuk Dimakan Sebelum
 
Menyaring apa yang masuk ke tubuh Anda, memiliki dampak besar pada kesehatan kognitif Anda. Jika Anda makan makanan yang salah, Anda bisa berakhir menderita peradangan saraf, yang menyebabkan penurunan memori dan masalah kesehatan lainnya di kemudian hari.
 
Meskipun kondisi ini terdengar menakutkan, Anda dapat menghindari gejala yang tidak diinginkan dengan memantau apa yang Anda konsumsi.
 
Melansir Eat This, berikut tujuh kebiasaan makan yang dapat berdampak buruk bagi otak Anda.
 
1. Konsumsi gula berlebihan

Advertisement

Menghindari konsumsi gula berlebihan dapat membantu otak Anda bekerja 100 persen. Fungsi otak Anda sangat tergantung pada kadar gula darah Anda, karena glukosa biasanya merupakan bahan bakar utama untuk otak Anda.
 
Meskipun terlalu banyak gula tidak membahayakan otak Anda secara langsung, tapi memicu pelepasan insulin tingkat tinggi. Insulin mempengaruhi akses asam amino yang berbeda ke otak Anda dan lebih khusus lagi jika menghalangi pengangkutan sebagian besar asam amino kecuali triptofan.” jelas Dr. Dimitar Marinov, MD ahli dari Inggris.

BACA JUGA : Anda sedang Diet? Ini 5 Jenis Makanan yang Sebaiknya

“Yang terakhir melewati darah, penghalang otak dan diubah menjadi serotonin dan melatonin hormon tidur,” lanjut Dr. Marinov.
 
Inilah mengapa terlalu banyak makan makanan manis dapat membuat Anda mengalami koma karbohidrat.
 
2. Tidak makan karbohidrat sama sekali

Karbohidrat adalah sumber utama energi tubuh. Beberapa orang yang melakukan diet seringkali mengurangi asupan karbohidratnya, bahkan menghilangkannya untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan.  Mereka juga percaya hal ini dapat memberikan keajaiban bagi saraf mereka.
 
Namun menurut Dr. Marinov, glukosa bukan satu-satunya bahan bakar otak.
 
“Itu juga bisa membakar keton. Meski kebanyakan penggemar keto akan bersumpah bahwa membakar keton lebih optimal dan meningkatkan fungsi otak, adaptasi tidak terjadi dalam sehari. Kecuali tubuh Anda beradaptasi dengan baik terhadap ketosis, berhenti mengonsumsi karbohidrat dapat menyebabkan kadar gula darah tidak stabil dan bahkan episode hipoglikemia. Ini dapat menyebabkan kabut otak, kebingungan, dan bahkan kehilangan kesadaran singkat.”
 
3. Terlalu banyak minum alkohol

Anda tentu sudah paham betul bahwa alkohol dapat berdampak buruk bagi tubuh Anda, terutama otak Anda.  Terlalu banyak alkohol dari waktu ke waktu dapat mempengaruhi tingkat neurotransmiter dalam tubuh Anda, yang merupakan pembawa pesan kimia yang membantu sel-sel otak Anda untuk berkomunikasi.
 
4. Melewatkan makan

Ketika Anda melewatkan makan, tubuh masuk ke mode kompensasi untuk mencoba membuat glukosa untuk otak dan menyeimbangkan gula darah ke tingkat keseimbangan yang aman. Ini dapat bermanifestasi dalam tubuh sebagai energi yang rendah, agitasi, dan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi atau fokus.
 
Untuk kesehatan otak, sangat membantu untuk makan pagi dalam waktu 1 jam setelah bangun tidur, dan kemudian makan makanan seimbang setiap 3 sampai 4 jam dalam sehari.
 
5. Multi-tasking sambil makan

Jika Anda suka makan siang di meja kerja saat Anda bekerja, Anda mungkin akhirnya menipu otak Anda untuk makan berlebihan.
 
Multitasking saat makan bisa berarti Anda kehilangan kontak dengan sinyal kenyang dan kemampuan otak Anda untuk mencatat rasa kenyang dan kepuasan dari makanan terganggu. Makan yang terganggu dapat berarti bahwa Anda membiarkan makanan tidak terpuaskan dan oleh karena itu menyebabkan Anda makan camilan lebih banyak nanti yang dapat memiliki konsekuensi gula darah negatif dan berdampak pada fokus otak.

BACA JUGA : 7 Makanan Diet Ini Ternyata Bisa Mencegah Strok
 
6. Asupan vitamin B12 yang tidak memadai

Menurut Elizabeth Ward, MS, RDN, salah satu penulis The Menopause Diet Plan, vitamin B12 melindungi sel-sel saraf dan membantu menghasilkan neurotransmitter yang membantu sel-sel saraf untuk berkomunikasi.
 
Gejala kekurangan vitamin B12 termasuk memori yang buruk, kebingungan, depresi, dan demensia. Kekurangan vitamin B12 yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan saraf yang ireversibel. Orang yang menghindari semua makanan hewani atau yang tidak cukup makan dapat dengan mudah mengalami kekurangan vitamin B12, terutama setelah usia 50 tahun.
 
7. Diet tinggi lemak jenuh

Menurut Dr. Sandra El Hajj, penulis di MyMSTeam, diet tinggi lemak jenuh adalah musuh terburuk bagi otak Anda.
 
Mereka dapat meningkatkan penurunan kognitif serta memperburuk gangguan kognitif bagi mereka yang sudah memiliki kondisi mental. Selain itu, mereka memicu beberapa komplikasi di otak yang mengganggu sinyal intraseluler dan ekspresi gen yang menyebabkan kecemasan, perilaku depresi, gangguan homeostasis, serta peningkatan sitokin inflamasi. Semua bundel ini menciptakan ketidakseimbangan dalam fungsi mental dan kognitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jatah Menteri Bakal Berkurang karena PDIP Diajak Masuk Kabinet, Golkar Bilang Begini

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement