Advertisement

Lakukan 5 Hal Ini Ketika Gejala Menopause Mulai Muncul

Newswire
Rabu, 15 September 2021 - 02:17 WIB
Nina Atmasari
Lakukan 5 Hal Ini Ketika Gejala Menopause Mulai Muncul Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Gejala menopause mulai dialami wanita di awal usia 50-an. Gejala yang muncul tak hanya berhenti haid, tapi juga hot flush, sulit tidur, mudah marah, perubahan suasana hati, hingga vagina kering yang menyebabkan menurunnya gairah seks.

Menopause tidak hanya memengaruhi kesuburan wanita, tetapi menyebabkan risiko pada beberapa masalah kesehatan, mulai dari osteoporosis, obesitas, diabetes, hingga jantung meningkat.

Advertisement

Lalu, adakah cara untuk meminimalkan dampak atau risiko kesehatan di atas? Ada! Simak lima caranya, seperti yang dilansir dari Times Of India.

1. Konsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D
Perubahan hormonal selama menopause dapat menyebabkan tulang wanita melemah, sehingga ini dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Konsumsi makanan dengan kaya kalsium dan vitamin D dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Anda bisa temukan sumber makanan kaya kalsium dan vitamin D ini lewat yoghurt, susu, keju, sayuran, tahu, ikan sarden, dan kacang-kacangan.

2. Pertahankan berat badan Anda
Terlalu banyak lemak di sekitar pinggang dapat meningkatkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Bahkan, berat badan juga dapat memperberat gejala menopause, lho. Itu sebabnya, penting untuk menjaga berat badan yang sehat.

Hal ini telah diungkap lewat penelitian yang melibatkan 17.473 wanita pascamenopause, yang menemukan bahwa mereka yang kehilangan 10 persen berat badan dapat menghilangkan gejala hot flush hingga berkeringat di malam hari.

3. Hindari makanan yang memicu gejala kepanasan
Beberapa makanan bisa memicu munculnya hot flush, berkeringat di malam hari, dan perubahan suasana hati. Di antaranya adalah yang mengandung kafein, alkohol, gula, dan makanan pedas.

4. Lakukan latihan fisik
Beberapa bukti menunjukan bahwa melakukan latihan fisik dapat meningkatkan energi, metabolisme, menjaga sendi dan tulang, hingga mengurangi stres.

Melakukan olahraga selama tiga jam per minggu dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental bagi wanita pascamenopause.

Selain itu, olahraga yang teratur juga membantu melindungi Anda dari masalah kesehatan lainnya, seperti kanker, penyakit jantung, stroke, tekanan darah, obesitas, diabetes tipe 2, dan osteoporosis.

5. Konsumsi makanan yang kaya fitoestrogen
Fitoestrogen merupakan senyawa tanaman yang dapat menyeimbangkan hormon bagi wanita menopause. Makanan yang kaya fitoestrogen dapat Anda ditemukan di kacang kedelai, tahu, biji rami, biji wijen, kacang-kacangan, hingga tempe.

Meski menopause tak bisa dihindari, setidaknya Anda bisa meringankan gejala menopause dengan 5 hal di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilgub Jakarta 2024, Demokrat Bakal Calonkan Dede Yusuf

News
| Jum'at, 19 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement