Advertisement

Suka Makan Kulit Ayam? Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Newswire
Senin, 27 Juli 2020 - 00:17 WIB
Nina Atmasari
Suka Makan Kulit Ayam? Ini Manfaatnya untuk Tubuh Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Banyak orang suka makan kulit ayam karena rasanya yang gurih. Selama ini, banyak orang yang menganggap makan kulit ayam tidak sehat karena tinggi lemak. Namun, rupanya ada manfaat kesehatan yang jarang diketahui.

Bagian ayam yang banyak disukai orang ini ternyata tidak seburuk itu. Ayam memang pada dasarnya terdiri dari lemak. Namun, mayoritas adalah lemak tak jenuh.

Advertisement

Dilansir dari Newsner, Amy Myrdal Miller R.D dari The Culinary Institute of America menjelaskan di Harvard School of Public Health bahwa jenis lemak yang ditemukan dalam kulit ayam adalah lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh.

Baca juga: Hasil Studi Membuktikan Cokelat Baik Untuk Kesehatan Jantung

Menurut dia, kulit ayam terutama terdiri dari lemak tak jenuh yang bisa meningkatkan kolesterol baik, membantu peradangan, bahkan membantu kestabilan irama jantung.

Melansir dari Fitday, Basis Data Gizi Nasional Departemen Pertanian AS (USDA) melaporkan bahwa 1 ons kulit ayam mengandung sekitar 3 gram lemak jenuh serta 8 gram lemak tak jenuh.

Walau demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyantap kulit ayam. Hal itu karena bagaimana pun memakan kulit ayam juga menambah kalori dan lemak jenuh ke dalam tubuh.

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur Orang-Orang Kaya & Sukses Seperti Jeff Bezos & Elon Musk?

USDA melaporkan bahwa secangkir dada ayam yang dimasak tanpa kulit mengandung 231 kalori. Namun, secangkir dada ayam yang dimasak dengan kulit mengandung 276 kalori.

Dengan begitu, bisa disimpulkan bahwa konsumsi kulit ayam memiliki manfaat dan kelemahan. Intinya, makan kulit ayam tidak akan memengaruhi peningkatan kalori atau risiko penyakit jantung secara drastis asalkan dalam jumlah yang sedang.

Kulit ayam mendapatkan citra buruk karena tinggi lemak. Namun karena kulit ayam mengandung lebih banyak lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung daripada lemak jenuh, sebenarnya itu tidak seburuk yang Anda kira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement