Advertisement

Penelitian: Main Ponsel di Depan Anak Tidak Selalu Buruk

Krizia Putri Kinanti
Jum'at, 17 Juli 2020 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Penelitian: Main Ponsel di Depan Anak Tidak Selalu Buruk Orang tua main ponsel saat mengasuh anak

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -- Tak sedikit yang menilai ponsel sebagai perangkat berbahaya yang mengalihkan perhatian orang tua dari anak-anak mereka.

Tetapi sebuah studi baru dari para peneliti di Australia menunjukkan bahwa penggunaan ponsel sebenarnya dapat membantu mengasuh anak, karena perangkat tersebut memberikan "kebebasan" bahkan ketika orang tua terlibat dalam tugas pengasuhan anak.

Advertisement

Dikutip dari Insider.com, Jumat (17/7/2020) Para peneliti dari beberapa universitas Australia mensurvei sekitar 3.500 orang tua yang memiliki anak yang tinggal di rumah, dan bertanya tentang kebiasaan bermain ponsel mereka selama sehari.

Survei ini juga mengevaluasi seberapa sering menggunakan ponsel menyebabkan konflik dalam keluarga dan secara langsung mengganggu orangtua yang menghabiskan waktu bersama anak-anak mereka. Penggunaan ponsel dapat membantu mengasuh anak, selama orang tua tidak asyik dengan perangkat induk ponsel

Para peneliti menemukan bahwa penggunaan ponsel dikaitkan dengan pengasuhan yang lebih baik, selama orang tua tidak tenggelam dalam perangkat saat mengasuh anak-anak. Jadi, mengirim pesan, mencari resep atau melirik meme lucu, bahkan ketika anak-anak duduk di dekatnya, sebenarnya dapat bermanfaat bagi orang tua. Saat-saat itu memberi orang tua istirahat sementara mereka masih secara fisik berada dengan anak-anak mereka.

Data juga menunjukkan bahwa gangguan sesaat biasanya diikuti oleh "ledakan intensif pengasuhan yang sangat penuh perhatian," catat para peneliti. Kuncinya, kata para peneliti, adalah menjaga ponsel dari waktu yang tidak berganti dengan anak-anak atau membuat anak-anak merasa seperti bersaing dengan ponsel untuk mendapatkan perhatian orang tua.

"Ada banyak retorika bahwa smartphone harus 'disalahkan' untuk pengasuhan yang buruk, tetapi tentu saja keluarga dan pengasuhan jauh lebih kompleks dari itu," Kathryn Modecki, seorang penulis penelitian dan dosen senior di Griffith University, mengatakan pads Insider.

"Pada tingkat gangguan keluarga dan konflik keluarga yang rendah, penggunaan telepon yang lebih parental dikaitkan dengan pengasuhan laporan diri yang berkualitas lebih tinggi," tambah Modecki.

Studi ini memiliki beberapa kekurangan, mengingat bahwa data tentang penggunaan ponsel, dan dampaknya, dilaporkan sendiri. Penelitian telah menemukan bahwa orang menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel mereka daripada yang mereka sadari. Studi lain telah menemukan hubungan negatif antara ponsel dan pengasuhan anak Studi lain melaporkan hubungan negatif antara pola asuh dan penggunaan ponsel.

Perangkat seluler mungkin menjadi alasan peningkatan 10% pada cedera yang tidak disengaja pada anak-anak. Ada bukti yang menunjukkan bahwa smartphone dapat mengganggu perkembangan sosial anak-anak dan dapat dikaitkan dengan perilaku buruk pada anak-anak. Para penulis mengakui bahwa ada potensi kerugian menggunakan telepon saat bersama anak-anak. Mereka ingin mengevaluasi perangkat lebih objektif daripada sebelumnya. "Daripada mulai dari hipotesis bahwa 'smartphone adalah masalah' dan mencari konfirmasi hipotesis itu, kami bertanya - apa polanya?" Modecki.

Kelly Fradin, seorang dokter anak yang berpraktik di New York City, mengatakan penelitian ini menyegarkan karena mengakui tantangan dunia nyata yang dihadapi orang tua ketika datang ke screentime, terutama selama pandemi - ketika begitu banyak orang tua yang bekerja dari rumah dan terisolasi dari sistem pendukung utama mereka. "Saya senang melihat para ilmuwan terbuka terhadap kompleksitas dan realitas pengasuhan hari ini," kata Fradin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bawa Sabu-Sabu 5 Kg dan Ribuan Pil Ekstasi, Penumpang Pesawat Diamankan Petugas Bandara Soetta

News
| Kamis, 18 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement