Facebook Luncurkan Asisten AI untuk Kreator, Saingi TikTok
Facebook meluncurkan Creator Studio dengan asisten AI yang membantu kreator menganalisis konten, komentar, dan performa audiens.
Makanan diet mediterania - Freepik
Harianjogja.com, JAKARTA—Diet mediterania memainkan peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan mental terutama bagi orang lanjut usia. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian terbaru.
Diet Mediterania terkait dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk risiko yang lebih rendah terhadap kondisi kronis seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Medical Daily, Jumat (17/5/2024), menulis bahwa diet Mediterania menekankan konsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, minyak sehat, dan jumlah moderat ikan dan makanan laut.
Menurut studi terbaru dari University of South Australia, kepatuhan yang lebih baik terhadap diet Mediterania dapat membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan pada orang dewasa lansia. Temuan tersebut didasarkan pada sebuah studi yang dilakukan di antara 294 peserta berusia 60 tahun ke atas di Australia.
"Kepatuhan terhadap diet Mediterania berbanding terbalik dengan keparahan gejala kecemasan secara independen dari usia, jenis kelamin, indeks massa tubuh (IMT), aktivitas fisik, tidur, risiko kognitif, dan kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, kepatuhan terhadap diet Mediterania juga berbanding terbalik dengan gejala stres secara independen dari usia, jenis kelamin, IMT, aktivitas fisik, dan tidur. Namun, tidak ada hubungan antara kepatuhan terhadap diet Mediterania dan gejala depresi yang diamati," para peneliti menulis dalam studi yang diterbitkan di jurnal Nutrients.
BACA JUGA: Sleman Kekurangan Ribuan Hewan Kurban, Butuh Pasokan Daerah Lain
Para peneliti mengidentifikasi bahwa manfaat kesehatan mental berasal dari elemen-elemen spesifik dari diet Mediterania seperti buah-buahan, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan konsumsi rendah minuman manis.
"Kacang-kacangan dan kacang-kacangan kaya serat, lemak sehat, dan antioksidan yang kemungkinan membantu menghasilkan bakteri baik dalam usus, menurunkan peradangan, dan pada gilirannya memiliki efek yang menguntungkan pada kesehatan otak. Asupan sayuran yang lebih tinggi juga terkait dengan gejala depresi yang lebih rendah, meskipun kami terkejut bahwa temuan secara keseluruhan tidak lebih kuat untuk meredakan depresi dan ini membutuhkan studi lebih lanjut," kata salah seorang penulis studi Dr. Anthony Villani.
Para peneliti percaya temuan mereka akan memberikan lebih banyak harapan, oleh karena itu mereka membuka kemungkinan untuk menyertakan diet Mediterania sebagai bagian dari pendekatan holistik dalam mengelola berbagai hasil terkait dengan kesehatan.
"Sekarang sudah ada bukti yang cukup tentang hasil positif diet terhadap berbagai penyakit kronis, dan itu sangat dapat diterapkan dalam praktik. Misalnya, saya dapat merekomendasikan diet Mediterania untuk mendukung manajemen diabetes seseorang, mengetahui bahwa hal itu juga dapat memiliki hasil yang diinginkan pada kesehatan mental mereka," Lisa Allcock, yang memimpin studi tersebut, mengatakan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Harian Jogja, dan edisi cetak versi elektronik kami hadir di Epaper Harian Jogja.
Sumber : Antara
Facebook meluncurkan Creator Studio dengan asisten AI yang membantu kreator menganalisis konten, komentar, dan performa audiens.
Road trip makin populer di 2026. Simak 5 tips persiapan sebelum perjalanan jarak jauh
Prabowo menyebut negara menanggung penuh iuran JKN bagi 96,8 juta warga tidak mampu dan membangun 66 RSUD di berbagai daerah.
Kemendagri membuka Program Masadagri Batch III 2026 dengan 65 posisi magang di 12 unit kerja. Pendaftaran dibuka 15-19 Agustus 2026 untuk mahasiswa D4 dan S1.
Festival seni rupa ARTJOG kembali digelar di Jogja National Museum (JNM), Yogyakarta. Berlangsung sejak 19 Juni hingga 30 Agustus 2026
Desain iPhone 17 Pro kini menginspirasi HP Android. Huawei Nova 16 SE, Itel Power 80, HMD Asha 305, dan Oppo A7 Pro Max hadir dengan harga mulai Rp1 jutaan.