Advertisement

Serial Shogun Pencetak Sejarah di Emmy Awards

Sirojul Khafid
Minggu, 29 September 2024 - 10:47 WIB
Sunartono
Serial Shogun Pencetak Sejarah di Emmy Awards Film - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Film non-Bahasa Inggris dari rumah produksi FX "Shogun" mendominasi penghargaan pada Emmy Awards 2024. Mereka memegang rekor kemenangan terbanyak.

Total penghargaan yang Shogun dapatkan sebanyak 18 trofi. Penghargaan termasuk dalam kategori utama seperti serial drama terbaik, aktris terbaik (Anna Sawai), aktor terbaik (Hiroyuki Sanada), dan penyutradaraan drama terbaik (Frederick E.O. Toye).

Advertisement

Perolehan penghargaan yang bersejarah ini merupakan kemenangan besar bagi FX. Perusahaan induk Disney telah berinvestasi besar untuk serial dengan biaya produksi mahal. Waktu pengerjaan juga cukup lama, hingga hampir 10 tahun.

Prestasi ini merupakan momen besar bagi representasi Asia dan televisi non-Bahasa Inggris. "Shogun" merupakan serial non-Bahasa Inggris pertama yang menang dalam kategori serial drama terbaik. Sebelumnya, Squid Game yang merupakan serial dari Korea Selatan menjadi sensasi di Netflix. Namun serial itu kalah dengan Succession dari HBO dalam ajang yang sama. Sanada dan Sawai adalah aktor Jepang pertama yang memenangkan Emmy.

Sanada mengatakan kemenangannya sebagai aktris terbaik membuatnya berpikir tentang semua teman sebaya dan guru yang telah mengajarinya acting sejak kecil. "Sejauh menyangkut generasi berikutnya, saya harap mereka melihat banyak makna dalam nominasi dan kemenangan kami, dan memahami bahwa kami menciptakan serial Jepang yang benar-benar berhubungan dengan dunia," katanya, beberapa waktu lalu.

Di belakang panggung Emmy, Sawai mengatakan bahwa ketika dia menangis saat menerima penghargaan aktris terbaik dalam serial drama, itu mungkin kedua belas kalinya dia menangis hari ini. "Saya pikir itu hanya perasaan campur aduk dan kecemasan, menginginkan semua orang menang... Saya akan bangun besok dan berpikir ini semua hanya mimpi," katanya.

"Shogun" serial televisi adaptasi kedua karya James Clavell. Buku tersebut berkisah tentang tugas, kehormatan, dan perebutan kekuasaan di Jepang Feodal.

9 Juta Penonton

Serial drama sejarah “Shogun” yang tayang perdana pada 27 Februari 2024 di Disney+ berhasil memecahkan rekor. Dalam enam hari penayangan, sudah ada sembilan juta orang yang menontonnya.

Serial dengan jumlah sepuluh episode tersebut berhasil menjadi serial naskah yang tayang perdana pada posisi 1 secara internasional di layanan video berbayar Hulu dan Disney+ Hotstar. Serial ini menampilkan kisah epik dari Lord Yoshii Toranaga yang berjuang untuk hidupnya saat musuh-musuhnya di Dewan Bupati bersatu ingin melawannya.

Serial “Shogun” diadaptasi dari novel terlaris James Clavell dan menceritakan tentang penemuan sebuah kapal misterius asal Eropa di dekat desa nelayan kawasan Jepang pada tahun 1600-an. Masyarakat sekitar pun geger dan segera memanggil aparat setempat untuk memeriksa kapal beserta isinya itu.

Kesuksesan ini membuat rumor beredar bahwa Shogun akan berlanjut ke musim kedua. Hiroyuki Sanada selaku produser serial dan pemeran utama sudah menandatangani kesepakatan dengan FX untuk kembali berperan sebagai Lord Yoshii Toranaga, dalam cerita sejarah berlatar Jepang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dirjen HAM Kemenkumham Kecam Pembubaran Paksa Forum Diskusi Diaspora

News
| Minggu, 29 September 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement