Advertisement

Para Runner, Cek Tips Memilih Sepatu Lari yang Ideal

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 22 September 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Para Runner, Cek Tips Memilih Sepatu Lari yang Ideal Ilustrasi olahraga lari - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Lari menjadi salah satu olahraga yang kini makin digandrungi banyak orang.

Co-CEO dan Co-Founder Alo, Danny Harris mengatakan olahraga lari bisa untuk mengeksplorasi kondisi meditatif dan manfaat kesehatan mental yang ditawarkan oleh lari, baik di jalan, lintasan setapak, pantai, atau lintasan lari. "Olah raga lari lebih dari sekadar gerakan pada kaki; kegiatan ini merupakan sebuah journey yang terus mendorong demi sebuah kemajuan," ujarnya. 

Advertisement

Dengan naiknya tren ini, tentu saja membuat sepatu lari menjadi incaran para runner. Apalagi, jelas dibutuhkan sepatu lari yang tepat agar tidak memicu cedera saat Anda berlari memakainya.

Setiap bagian dari sepatu lari memiliki tujuan tertentu dan dirancang agar pas dengan kaki dengan cara tertentu. Perbedaan sekecil apa pun dapat memengaruhi pengalaman Anda. 

BACA JUGA: Ratusan Orang Ikuti Event Lari Demi Bantu Penyintas Kanker

Berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan saat memilih sepatu lari:

Ukuran

Sesuaikan ukuran kaki Anda. Ukuran sepatu dapat berubah seiring bertambahnya usia, jadi penting untuk mengukur kaki Anda setiap kali berbelanja sepasang sepatu baru. Jika salah satu kaki sedikit lebih besar dari kaki lainnya, pertimbangkan untuk membeli sepatu dengan berbagai ukuran.

Berat sepatu

Pastikan sepatu Anda ringan. Mengenakan sepatu yang ringan dapat membantu Anda berlari lebih jauh dan lebih cepat. Sepatu lari standar memiliki berat lebih dari 10 ons.

Sepatu ringan berukuran 10 ons atau kurang untuk ukuran 9 pria dan 8 ons atau kurang untuk ukuran 8 wanita.

Sepatu netral atau sepatu zero-drop

Sepatu netral tidak mengandung komponen kontrol gerak atau stabilitas apa pun yang memengaruhi gerakan kaki normal. Dan sepatu zero-drop dirancang untuk menjaga kaki tetap sejajar dengan tanah.

Breathable

Anda juga butuh sepatu dengan sirkulasi udara yang bagus. Pilihlah sepatu dengan teknologi mesh berlapis ganda untuk sirkulasi udara (breathable) pada bagian atas

Midsole

Midsole sepatu lar juga harus mempertimbangkan kepadatan ganda dinamis untuk dampak mulus, respon tinggi, dan kenyamanan optimal

Bantalan tumit Ini juga menjadi hal penting dalam sepatu lari, karena bantalan tumit bisa berikan dukungan stabilitas dan struktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perpres Pelestarian Borobudur Resmi Ditandatangani Presiden

News
| Senin, 23 September 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Tempat-Tempat Wisata di Vietnam yang Jadi Favorit Wisatawan

Wisata
| Kamis, 19 September 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement