Advertisement

Daftar Makanan yang Bikin Bau Badan, Berikut Cara Mengatasinya

Redaksi
Minggu, 25 Agustus 2024 - 17:57 WIB
Ujang Hasanudin
Daftar Makanan yang Bikin Bau Badan, Berikut Cara Mengatasinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Jarang mandi biasanya dianggap biang keladi bau badan, namun bau badan juga ternyata disebabkan oleh sejumlah makanan yang dikonsumsi harian.

Sejumlah makanan–seperti yang pedas atau menyengat–dapat berkaitan dengan produksi keringat Anda. Ketika keringat dari kelenjar bercampur dengan bakteri di permukaan kulit, aroma bau badan pun dapat terbentuk.

Advertisement

Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut 7 makanan yang bikin bau badan dan cara mengatasinya:

1. Rempah-rempah

Sejumlah rempah-rempah–seperti kari, jinten, dan fenugreek–dapat memberikan efek aroma yang kuat saat menempel di lidah dan gigi.

Rempah-rempah tersebut mengandung senyawa volatil yang dapat diserap ke dalam aliran darah dan dilepaskan melalui kelenjar keringat.

Tidak hanya dapat berpengaruh pada napas saja, tetapi bau dari rempah-rempah ini juga dapat menempel di rambut, kulit, dan pakaian Anda.

2. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah merupakan sumber bau mulut yang terkenal mengikat. Menurut Dr. Lee, kedua jenis bawang tersebut dapat menyebabkan bakteri kulit bercampur dengan keringat yang dikeluarkan melalui kelenjar apokrin.

BACA JUGA: Orang Kaya Tidur Lebih Nyenyak

Tak hanya menyebabkan bau tak sedap, hal ini juga dapat meningkatkan metabolisme, panas tubuh, dan keringat.

3. Daging merah sapi

Daging merah dari sapi juga dapat menyebabkan bau badan Anda berubah. Sebenarnya, daging tersebut melepaskan protein yang tidak berbau melalui keringat. Namun, baunya akan semakin kuat jika protein ini bercampur dengan bakteri kulit.

4. Sayuran silangan

Pada dasarnya, makanan yang mengandung asam sulfat tinggi paling berpengaruh pada bau badan Anda. Sejumlah sayuran seperti brokoli, kubis, kubis brussel, dan kembang kol termasuk dalam sayuran yang melepaskan asam sulfat. Bau badan Anda pun dapat menjadi semakin kuat karena keringat, napas, atau gas.

5. Asparagus

Asparagus memiliki kandungan asam asparagus yang dapat berpengaruh pada urine Anda. Asam asparagus dapat diubah menjadi asam sulfat oleh tubuh. Hal ini menyebabkan urine Anda berbau belerang yang kuat. Namun, hal tersebut juga dipengaruhi oleh sistem metabolisme makanan dan variasi genetik seseorang, sehingga tidak semua orang mengalaminya.

6. Alkohol

Alkohol juga dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada tubuh Anda. Alkohol yang dimetabolisme menjadi asam asetat akan dilepaskan melalui pori-pori kulit dan napas Anda.

7. Ikan

Bagi sebagian orang, tubuh dapat mengubah produk sampingan makanan laut–yang disebut kolin–menjadi trimetilamina yang berbau amis. Senyawa ini akan mengalir melalui tubuh dan dilepaskan melalui kulit dan napas Anda. Namun, hal ini juga bergantung pada gen yang Anda miliki.
Cara mengatasi bau badan

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi bau badan:

  1. Terapkan budaya kebersihan seperti mandi secara rutin dan menyeluruh.
  2. Kenakan pakaian yang menyerap keringat.
  3. Gunakan antiperspiran dan deodoran.
  4. Banyak minum air putih–untuk membantu membuang racun.
  5. Menyesuaikan pola makan. (Rafi Abid Wibisono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Ditangkap karena Memelihara Landak, Warga Bali Dituntut Bebas oleh Jaksa

News
| Jum'at, 13 September 2024, 16:57 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement