Advertisement

Lirik Jadi Unsur Musik Paling Diperhatikan

Sirojul Khafid
Sabtu, 24 Agustus 2024 - 23:17 WIB
Sunartono
Lirik Jadi Unsur Musik Paling Diperhatikan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lirik yang bermakna atau menarik menjadi unsur terbesar orang saat menikmati lagu. Setelahnya baru beat hingga produksi lagu yang baik.

Selama beberapa pekan ini, lagu Gala Bunga Matahari ciptaan Sal Priadi memenuhi ruang dunia maya. Banyak orang menggunakan lagu yang rilis bulan 30 April 2024 ini sebagai latar unggahan media sosialnya. Para pengguna media sosial umumnya menggunakan lagu Gala Bunga Matahari untuk bercerita tentang orang tersayangnya yang sudah tiada, baik pergi atau meninggal.

Advertisement

Menariknya, lirik ciptaan Sal cukup familiar, terutama untuk umat Islam. Dia menggambarkan surga menggunakan referensi Al-Quran dan hadist. Muhammad Rizky Fadillah dari NU Online menuliskan referensi dari Al-Quran terdapat dalam lirik ‘Adakah sungai-sungai itu benar-benar dilintasi air susu’. Lirik ini identik dengan penggambaran surga dalam surat Muhammad ayat 15.

Terjemah dari ayat tersebut kira-kira, ‘Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa (adalah bahwa) di dalamnya ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, sungai-sungai air susu yang rasanya tidak berubah, sungai-sungai khamar yang lezat bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni.

Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah dan ampunan dari Tuhan mereka. (Apakah orang yang memperoleh kenikmatan surga) sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga usus mereka terpotong-potong?’

“Ayat ini menggambarkan keadaan yang sangat indah dan menakjubkan dari taman surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa, di mana terdapat sungai-sungai dengan berbagai kenikmatan,” tulis Rizky belum lama ini.

Pada lirik lain yang berbunyi ‘Juga badanmu tak sakit-sakit lagi. Kau dan orang orang di sana muda lagi’ selaras dengan hadits nabi tentang para penghuni ketika mereka memasuki surga. Diriwayatkan dari Abu Sa'id Al-Khudri dan Abu Hurairah raḍiyallāhu 'anhuma, dari Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa Salam. Nabi Muhammad bersabda, ‘Hendaknya kalian tetap hidup dan tidak mati selama-lamanya. Hendaknya kalian tetap sehat dan tidak sakit selama-lamanya. Hendaknya kalian tetap muda dan tidak menjadi tua untuk selama-lamanya. Hendaknya kalian bersenang-senang dan janganlah berputus asa selama-lamanya’. Hadist tersebut merupakan riwayat dari Imam Muslim.

“Hadits ini menunjukkan bahwa di surga, para penghuninya akan mengalami kebahagiaan dan kesehatan yang abadi, tanpa rasa sakit dan tanpa penuaan,” tulisnya.

Lirik yang kuat, dalam kajian dari Lokadata, menjadi unsur yang paling pendengar cari dalam sebuah lagu. Survei pada Juni 2024 tersebut menunjukkan persentase 67% pendengar yang mempertimbangkan lirik yang bermakna atau menarik, saat mendengarkan sebuah lagu. Urutan berikutnya baru beat atau ritme sesuai mood. Paling terakhir, pendengar mempertimbangkan mendengar lagu dari sisi produksi yang bagus.

 

Media Sosial Bantu Distribusi Lagu

Perkembangan dunia digital dan media sosial membantu lagu terdistribusi dengan lebih luas. Semakin terjangkaunya internet juga membuka peluang musisi menjangkau pasar yang lebih beragam.

Pengamat musik, Adib Hidayat, mengatakan sepuluh tahun terakhir perkembangan musik sedang bagus-bagusnya. Banyak genre yang mengeluarkan nama-nama yang baik secara kualitas. Penyebaran karyanya lebih mudah, dengan adanya musik digital yang semakin menyelamatkan kehidupan musisi.

“Kayak Neonomora baru yang tur ke London dan Amerika, mereka tur selama 40 hari di sana. Jadi kalau saya bilang, ragam genre yang ada punya juara-juaranya dan mereka punya fanbase yang luar biasa di seluruh wilayah,” kata Adib, beberapa waktu lalu.

Musisi, Andien, juga merasakan trend baik musik di era digital. Dia yang sudah melihat perkembangan musik sejak awal 2000 mengatakan bahwa era digital semakin membuka kesempatan musisi di mata dunia.

“Kalau saya pribadi, melihatnya dari dulu pertama kali punya album rekaman pakai pita sampai sekarang digital yang pasti Indonesia punya kesempatan di mata dunia. Dan anak-anak muda khususnya sangat kreatif, banyak dapat penghargaan dari mata dunia yang dipermudah digital,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Dukung Penambahan 2 Anggota DK PBB dari Afrika

News
| Jum'at, 13 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement