Advertisement

Ini 10 Negara dengan Tingkat IQ Warga Paling Rendah di Dunia, Paling Kecil Justru di Asia

Redaksi
Kamis, 25 Juli 2024 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Ini 10 Negara dengan Tingkat IQ Warga Paling Rendah di Dunia, Paling Kecil Justru di Asia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Intelligence Quotient (IQ) menjadi indikator penting dari tingkat kecerdasan masyarakat sebuah negara. Tak heran, banyak negara yang menginvestasikan pendidikan pada masyarakatnya.

IQ adalah kemampuan nalar seseorang dalam memecahkan masalah, kecerdasan belajar, memahami gagasan, berpikir, dan merencanakan sesuatu.

Advertisement

Lalu, negara mana saja yang memiliki rata-rata IQ terendah? Dilansir dari laman theblogler.com, Kamis (25/7/2024), berikut deretan negara dengan rata-rata tingkat kecerdasan terendah di dunia:

10. Sudan Selatan

Sudan Selatan menduduki posisi kesepuluh sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 58,61.

Meskipun telah melakukan investasi yang signifikan dalam program pendidikan dan pelatihan, hal itu tampaknya belum cukup untuk meningkatkan tingkat kecerdasan masyarakat di negara ini.

Walaupun begitu, Sudan Selatan tetap memiliki berbagai nilai penting layaknya negara lain, seperti kekayaan sejarah dan warisan budayanya.

9. Ghana

Ghana menduduki posisi kesembilan sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 58,16. Sayangnya, Ghana memang masih kesulitan untuk meningkatkan kemampuan kognitifnya, dengan kemiskinan dan layanan kesehatan yang tidak memadai sebagai faktor utama penyebabnya.

Serupa dengan Sudan Selatan, negara ini juga memiliki berbagai budaya penting di dalamnya, seperti budaya musik dan budaya keramahan masyarakatnya.

8. Pantai Gading

Pantai Gading menduduki posisi kedelapan sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 58,16.

Serupa dengan Ghana, negara ini juga memiliki tingkat kemiskinan tinggi dan layanan kesehatan yang tidak memadai sebagai faktor utama penyebabnya.

Negara dengan penduduk lebih dari 26 juta orang ini juga sudah melakukan investasi signifikan program pendidikan dan pelatihannya.

7. Guinea

Guinea menduduki posisi ketujuh sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 53,48. Kabar baiknya, Guinea baru-baru ini mengalami peningkatan pada bidang pendidikan dan kesehatan.

Sayangnya, Guinea masih menghadapi tantangan yang cukup banyak, seperti kemiskinan, ketidakstabilan politik, dan kurangnya akses sumber daya.

6. Nikaragua

Nikaragua menduduki posisi keenam sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 52,69. Negara ini telah mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan akses pendidikan dan mengurangi tingkat kemiskinan dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan investasi lebih di bidang-bidang tersebut, Nikaragua berpotensi mengatasi berbagai tantangan serta membuka potensi penuh rakyatnya.

5. Gambia

Gambia menduduki posisi kelima sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 52,68. Rendahnya kualitas pada bidang pendidikan dan kesehatan adalah dua faktor utama yang dimiliki Gambia.

Namun hebatnya, Gambia masih memiliki warisan budayanya yang kaya dan terkenal, seperti musik, tarian, dan festival tradisionalnya.

4. Guatemala

Guatemala menduduki posisi keempat sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 47,72. Sama seperti banyak negara sebelumnya, rendahnya rata-rata IQ di negara ini terutama disebabkan oleh kurangnya akses terhadap pendidikan dan layanan kesehatan.

Guatemala telah membuat beberapa kemajuan dalam beberapa tahun terakhir dalam upaya meningkatkan kekurangan-kekurangan yang dimilikinya.

3. Sierra Leone

Sierra Leone menduduki posisi ketiga sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 45,07. Masalah umum yang terjadi di negara ini antara lain adalah pertikaian sipil, wabah penyakit mematikan seperti Ebola, dan ketidakstabilan ekonomi.

Tak hanya itu, kualitas pendidikan yang rendah, layanan kesehatan yang tidak mumpuni, dan kurang tercukupinya gizi juga menjadi penyebab rendahnya tingkat kecerdasan rata-rata masyarakat Sierra Leone.

2. Liberia

Liberia menduduki posisi kedua sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 45,07. Salah satu penyebabnya adalah perang saudara yang terjadi di masa lalu yang berdampak buruk bagi ekonomi dan infrastrukturnya.

Sama halnya dengan Liberia, kualitas pendidikan yang rendah dan layanan kesehatan yang tidak mumpuni juga ikut berkontribusi.

1. Nepal

Nepal menduduki posisi pertama sebagai negara dengan IQ terendah di dunia, dengan IQ rata-rata 42,99. Lagi-lagi, akses pendidikan yang terbatas dan kemiskinan yang meluas adalah faktor utama rendahnya IQ negara ini.

Namun dibalik itu, Nepal dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan warisan budaya dan keindahan alam yang luar biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement