Advertisement

Bukan Cuma Mual, Ini Tanda-tanda Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari

Newswire
Jum'at, 12 Juli 2024 - 15:57 WIB
Lajeng Padmaratri
Bukan Cuma Mual, Ini Tanda-tanda Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari Ibu Hamil, Wanita Hamil, Kehamilan / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Awal kehamilan sering kali ditandai dengan haid yang terlambat dan mual. Namun, ada tanda-tanda kehamilan lainnya yang mungkin tidak disadari karena usia kandungan masih muda.

Momen kehamilan bisa sangat membingungkan, terutama bagi wanita yang mengalaminya untuk pertama kali. Tanda-tanda awal kehamilan bisa berbeda pada setiap wanita dan bahkan di setiap kehamilan.

Advertisement

Hal ini disebabkan oleh perbedaan kondisi tubuh setiap wanita yang memberikan reaksi terhadap perubahan pada tubuhnya juga dapat berbeda. Berikut beberapa tanda-tanda hamil muda yang mungkin tidak disadari, namun perlu diketahui:

Tanda-tanda hamil muda yang tidak disadari

  1. Mood swing

Mood swing merupakan perubahan suasana hati (mood) pada diri seseorang. Ibu yang hamil muda rentan marah karena mood-nya menjadi tidak stabil dan mudah berubah-ubah, yang disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh yang bisa membuat gelisah dan mudah tersinggung.

BACA JUGA: Warga Lendah Temukan Bayi Menangis di Lubang Sebuah Jamban, Polres Kulonprogo Cari Pelakunya

  1. Perut kembung

Sensasi perut kembung bersamaan dengan rasa mual dan ingin muntah ini bisa jadi tanda-tanda hamil muda yang patut ibu pertimbangkan. Kembung terjadi karena peningkatan hormon progesteron awal kehamilan juga dapat memperlambat sistem pencernaan. Perut kembung biasanya muncul pada sekitar minggu ke-4 sampai minggu ke-6 usia kehamilan.

  1. Nafsu makan berubah

Pada awal kehamilan, perubahan dalam nafsu makan mulai terjadi. Beberapa calon ibu mungkin mengalami penurunan selera makan karena mual dan muntah. Namun, ada juga yang tidak mengalaminya dan malah mengalami peningkatan nafsu makan. Hal ini merupakan gejala yang normal karena adanya pertumbuhan janin di dalam rahim.

  1. Keluar bercak darah (flek) dari vagina

Bercak darah sebagai tanda-tanda hamil berbeda dari darah menstruasi. Kondisi ini disebut dengan perdarahan implantasi. Flek saat hamil ini muncul ketika embrio menempel pada dinding rahim dan membuatnya terkikis. Perdarahan implantasi muncul hanya berupa 1-2 tetes darah berwarna merah muda, kekuningan, atau kecoklatan.

  1. Sembelit

Susah buang air besar atau sembelit bisa menjadi salah satu tanda-tanda hamil muda akibat kenaikan hormon progesteron. Ketika hormon progesteron tinggi, pergerakan usus jadi lebih lambat. Ini membuat ibu lebih sulit mengeluarkan feses.

BACA JUGA: Viral Ibu-ibu Ngamuk karena Susu UHT Tidak Dingin, Begini Cara Penyimpanan Susu yang Benar

  1. Kram perut

Kram perut bisa juga tanda hamil ini biasanya muncul bersamaan dengan flek darah. Kram perut tanda-tanda hamil dan gejala menstruasi berbeda.

Kram perut sebagai tanda hamil muda umumnya tidak terlalu sakit, hanya seperti dicubit dan berlangsung singkat. Kondisi itu cenderung terpusat pada satu titik saja. Namun, jika nyerinya berlangsung lama hingga berhari-hari dan sakitnya terasa menyeluruh, ini kemungkinan besar kram gejala menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : ANTARA

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement