Advertisement

Peneliti Temukan Resep Membuat Es Krim Anti Meleleh

Lajeng Padmaratri
Kamis, 11 Juli 2024 - 14:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Peneliti Temukan Resep Membuat Es Krim Anti Meleleh Ilustrasi aneka varian rasa gelato. - Istockphoto\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peneliti membuat terobosan baru setelah menemukan cara untuk membuat es krim yang hampir tidak meleleh. Inovasi itu ditemukan oleh peneliti di Negara Susu AS, yaitu para ilmuwan dari Universitas Wisconsin-Madison.

Cameron Wicks yang merupakan salah satu peneliti proyek itu mengungkapkan bahwa ada senyawa yang bisa menjaga makanan beku agar tidak meleleh, yaitu senyawa berbasis tanaman yang disebut polifenol.

Advertisement

"Menambahkan polifenol ke dalam es krim dapat menghasilkan produk yang dapat mempertahankan bentuknya selama lebih dari empat jam pada suhu ruangan. Itu cukup mendekati es krim yang tidak meleleh," kata Wicks, mahasiswa di departemen ilmu pangan Universitas Wisconsin-Madison dalam siaran pers dikutip dari South China Morning Post.

BACA JUGA: Mengunjungi Unco Shop, Toko Unik Bertema Kotoran di Jepang

Meskipun tidak mencegah es mencair, polifenol yang ditambahkan ke es krim berinteraksi dengan lemak dan protein dalam krim untuk mengentalkan campuran. Hasilnya, manisan tersebut mampu mempertahankan bentuknya lebih lama pada suhu ruangan dan mencegahnya meleleh hingga lengket.

Efeknya serupa dengan bahan stabilisator yang sudah digunakan untuk membuat es krim lebih mudah diangkut.

Namun, polifenol bisa menjadi alternatif yang lebih alami, kata Wicks. Senyawa tersebut ditemukan dalam teh dan buah beri. Bahkan, bahan itu dikaitkan dengan manfaat seperti jantung yang lebih sehat.

Namun, Anda mungkin harus menunggu sedikit lebih lama untuk es krim masa depan.

BACA JUGA: Pelan tapi Pasti, Melihat Kuda Adu Lambat di Pacuan Banei Keiba Jepang

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk menemukan jumlah polifenol yang tepat untuk menjaga es krim tetap stabil tanpa memengaruhi rasanya, sehingga Anda dapat menikmati suguhan yang tidak terlalu berantakan, tetapi tetap lezat.

"Es krim adalah sistem yang sangat kompleks," kata Wicks dalam siaran pers. "Dengan memahami semua ilmu di baliknya, Anda dapat membuat makanan yang lebih baik, lebih berkelanjutan, dan Anda dapat membuat sistem yang lebih baik untuk memberi makan dunia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : SCMP

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement