Advertisement

Esports Mobile: Kekuatan Baru dalam Industri Hiburan dan Olahraga

Media Digital
Selasa, 09 Juli 2024 - 14:52 WIB
Sunartono
Esports Mobile: Kekuatan Baru dalam Industri Hiburan dan Olahraga Foto ilustrasi. Freepik.

Advertisement

JOGJA—Industri hiburan dan olahraga sedang mengalami transformasi besar dengan munculnya esports mobile. Platform game mobile yang mudah diakses dan relatif murah telah membuka gerbang bagi jutaan orang untuk terlibat dalam dunia kompetitif yang mengasyikkan ini. Esports mobile bukan hanya fenomena masa kini, tetapi juga kekuatan baru yang siap mengubah lanskap hiburan dan olahraga di masa depan.

Pertumbuhan Pesat Esports Mobile

Esports mobile telah menjelma menjadi fenomena global yang merambah berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pertumbuhan pesat ini didorong oleh beberapa faktor utama, yaitu:

Advertisement

1. Kemudahan Akses

Perangkat mobile semakin canggih dan terjangkau, memungkinkan lebih banyak orang untuk mengunduh dan memainkan game mobile. Dilansir dari diajartekno, ada banyak hp gaming dengan kualitas yang bisa diandalkan, mulai dari harga Rp1 jutaan.

Hal ini membuka gerbang bagi jutaan orang untuk terlibat dalam dunia kompetitif esports mobile, tanpa batasan geografis, latar belakang ekonomi, maupun usia.

2. Keberagaman Game

Berbagai genre game mobile tersedia, mulai dari strategi, MOBA, battle royale, hingga simulasi, sehingga menarik bagi berbagai kalangan. Pilihan yang beragam ini memungkinkan setiap orang untuk menemukan game yang sesuai dengan minat dan preferensi mereka, mendorong partisipasi yang lebih luas dalam komunitas esports mobile.

3. Komunitas yang Kuat

Komunitas esports mobile berkembang pesat, dengan jutaan pemain aktif di seluruh dunia. Komunitas ini terhubung melalui platform online dan offline, di mana mereka dapat bertukar informasi, strategi, dan menjalin pertemanan. Komunitas ini juga menjadi wadah bagi penyelenggaraan turnamen dan acara esports mobile, yang semakin memperkuat semangat kompetitif dan partisipasi dalam komunitas.

4. Hadiah yang Besar

Industri esports mobile menawarkan hadiah yang besar bagi para pemain profesional. Hadiah turnamen internasional dapat mencapai miliaran rupiah, menarik minat banyak orang untuk berkarir di bidang ini. 

Dilansir dari dailysports, Esports World Cup 2024 kembali diadakan dengan total hadiah mencapai $3,000,000 USD. Total hadiah Esports World Cup 2024 sangat bervariasi, namun DOTA 2 menjadi yang terbesar, di atas Mobile Legends Bang Bang (MLBB) dan Honor of Kings (HOK). 

Hal ini tidak hanya meningkatkan daya tarik esports mobile, tetapi juga membuka peluang baru bagi para pemain untuk meraih kesuksesan finansial dan pengakuan global.

5. Dukungan Industri

Industri game dan teknologi terus berinovasi untuk mendukung pertumbuhan esports mobile. Pengembang game menciptakan game mobile yang semakin kompetitif dan menarik, platform streaming menyediakan akses mudah untuk menonton turnamen esports, dan sponsor dari berbagai merek ternama semakin gencar mendukung tim dan turnamen esports. Dukungan dari berbagai pihak ini semakin memperkuat fondasi esports mobile dan mendorong pertumbuhannya di masa depan.

Dampak Esports Mobile pada Industri Hiburan dan Olahraga

Esports mobile memiliki dampak yang signifikan pada industri hiburan dan olahraga:

  • Meningkatkan pendapatan: Industri esports mobile menghasilkan pendapatan yang besar melalui sponsor, iklan, dan hak siaran.
  • Menarik sponsor baru: Merek-merek besar tertarik untuk mensponsori tim esports mobile dan turnamen karena jangkauan yang luas dan pengaruh yang dimiliki esports mobile.
  • Meningkatkan partisipasi: Esports mobile mendorong lebih banyak orang untuk terlibat dalam olahraga dan aktivitas fisik, terutama kalangan muda.
  • Menciptakan peluang baru: Esports mobile membuka peluang baru bagi para pemain profesional, streamer, komentator, dan pengembang game.

Masa Depan Esports Mobile

Masa depan esports mobile terlihat cerah. Diperkirakan industri ini akan terus berkembang pesat dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini didorong oleh faktor-faktor seperti:

  • Peningkatan teknologi: Teknologi perangkat mobile dan jaringan internet akan terus berkembang, sehingga memungkinkan untuk pengalaman bermain game yang lebih baik.
  • Keberagaman platform: Esports mobile akan berkembang di berbagai platform, seperti konsol dan PC.
  • Penonton yang lebih luas: Esports mobile akan menarik lebih banyak penonton dari berbagai usia dan latar belakang.

Esports mobile adalah kekuatan baru yang siap mengubah lanskap industri hiburan dan olahraga. Platform game mobile yang mudah diakses dan relatif murah telah membuka gerbang bagi jutaan orang untuk terlibat dalam dunia kompetitif yang mengasyikkan ini. Esports mobile bukan hanya fenomena masa kini, tetapi juga kekuatan baru yang siap mengubah masa depan hiburan dan olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Sebut PKS Bermain Aman dengan Mengusung Khofifah-Emil di Pilkada 2024

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement