Advertisement

Australia Jadi Negara Terfavorit untuk Bekerja, Indonesia Peringkat Nomor 33

Mutiara Nabila
Kamis, 06 Juni 2024 - 08:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Australia Jadi Negara Terfavorit untuk Bekerja, Indonesia Peringkat Nomor 33 Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pencari kerja dunia memilih Australia sebagai tujuan utama bekerja. Negara tersebut diyakini bisa memberikan kondisi kerja, ekonomi dan finansial yang lebih baik.

Berdasarkan riset yang dirilis Jobstreet by SEEK bekerja sama dengan Boston Consulting Group kepada 150.000 responden sepanjang 2023. Negara-negara berbahasa Inggris menjadi tujuan utama untuk orang-orang di seluruh dunia memutuskan pindah kerja ke luar negeri. "Hal ini karena mungkin di negara yang berbahasa Inggris kita bisa lebih gampang adaptasinya," kata Wisnu Dharmawan, Sales Director Jobstreet by SEEK Indonesia dalam Media Gathering di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Advertisement

Kemudian negara-negara maju juga menjadi pilihan karena kaitannya dengan kemampuan para pencari kerja yang lebih bisa mendapatkan manfaat ekonomi dan finansial. Dalam riset tersebut ditemukan Australia menjadi tujuan favorit, disusul oleh Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, dan Jepang. Negara-negara Eropa lainnya yang juga masuk dalam 10 besar adalah Prancis, Spanyol, dan Swiss. Sementara itu, di Asia, Singapura dan Jepang menjadi tujuan favorit.

Baca Juga

Deretan Negara Ini Paling Buruk untuk Bekerja, Mana Saja?

90 Warga Kulonprogo Jadi Buruh Migran, Ini Negara yang Jadi Tujuan Favorit

Puluhan Warga Gunungkidul Jadi Pekerja Migran Sepanjang Tahun 2023

Kemudian, dari sisi kota, London mempertahankan kemenangannya menjadi kota tujuan terbanyak untuk bekerja sejak 2014, disusul oleh Amsterdam, Abu Dhabi, Dubai, dan New York. Adapun, jenis pekerjaan yang dicari di luar negeri umumnya adalah untuk bidang sains dan teknologi. Pasalnya, kata Wisnu, negara maju umumnya sudah lebih dulu menerapkan kemajuan-kemajuan teknologi dan lebih banyak membutuhkan tenaga kerja di bidang tersebut.

Posisi Indonesia

Berdasarkan laporan tersebut, Indonesia terlihat semakin menarik untuk para pekerja luar negeri. Sampai dengan 2020 Indonesia bertahan di peringkat 51. Sementara pada 2023, peringkatnya naik ke-33.

Whisnu mengungkapkan saat ini semakin banyak orang luar negeri yang mau pindah kerja ke Indonesia karena budayanya yang ramah dan inklusif, lingkungannya yang ramah, dan biaya hidup yang rendah.

Orang luar negeri yang berminat bekerja di Indonesia banyak datang dari negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. "Ini mungkin karena jaraknya yang lebih dekat, tapi ada juga negara lain tapi jumlahnya 1%,” katanya.

Wisnu mengatakan di Indonesia tidak ada bidang spesifik yang dicari oleh pekerja dari luar negeri. Namun, umumnya pekerja dari luar negeri bisa mengejar pekerjaan dengan skill atau kemampuan tingkat tinggi seperti di bidang Agrikultur, Energi, Digitalisasi, Manajemen Bisnis, dan IT yang belum banyak berkembang sumber daya manusianya di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Anggota DPR dan DPRD Main Judi Online, PPATK Diminta Ungkapkan Datanya

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement