Advertisement

10 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mempercepat Penyembuhan Pneumonia

Redaksi
Sabtu, 25 Mei 2024 - 14:47 WIB
Ujang Hasanudin
10 Jenis Makanan yang Dapat Membantu Mempercepat Penyembuhan Pneumonia Ramuan jahe / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Berikut adalah makanan yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit pneumonia. Pneumonia merupakan penyakit yang disebabkan oleh peradangan di sekitar kantung udara paru-paru. Penyakit tersebut banyak diderita oleh anak-anak maupun orang dewasa, salah satunya terpapar polusi, asap rokok, dan kondisi lingkungan yang kotor.

Pneumonia menyebabkan kantung udara berupa alveolus, berisi cairan nanah yang disebabkan oleh penyakit batuk, pilek, dan demam. Cairan nanah tersebut dapat berkembang oleh adanya paparan infeksi virus dan bakteri yang berhasil masuk ke dalam tubuh.

Advertisement

Dilansir dari timesofindia dan firstpost.com, Sabtu (25/5/2025), penyakit tersebut tidak boleh dibiarkan secara terus menerus, karena berdampak langsung terhadap masalah pernapasan bagi manusia.

Jika sudah terdampak, Anda harus melakukan pengobatan dan mengonsumsi makanan yang cocok dikonsumsi bagi penderita pneumonia. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat proses pengobatan, dan mengurangi peradangan yang menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Berikut 10 makanan yang cocok dikonsumsi penderita pneumonia:


1. Madu

Madu memiliki kandungan yang baik untuk segala jenis peradangan maupun penyembuhan penyakit. Kandungan antibakteri dan antimikroba pada madu, mampu mengatasi batuk dan pilek yang merupakan gejala awal dari penyakit pneumonia.

2. Yoghurt

Yoghurt dikenal sebagai makanan yang mengandung probiotik. Probiotik mampu menghasilkan bakteri baik pada usus, untuk menghambat pertumbuhan patogen penyebab dari penyakit pneumonia.

3. Kunyit

Kunyit berperan untuk menghilangkan lendir dan katarak dari saluran bronkial yang menyebabkan proses saluran pernapasan terjadi secara mudah. Kunyit juga mengandung sifat anti-inflamasi yang baik untuk mengurangi nyeri pada bagian dada seseorang.

4. Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan senyawa allicin, yang berperan sebagai antibakteri dan antiradang bagi tubuh. Senyawa tersebut mampu mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab munculnya cairan pada paru-paru.

5. Makanan kaya vitamin C

Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya, mampu menangkal segala radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin, dampak yang dihasilkan sangat baik untuk meningkatkan pemulihan dari berbagai penyakit, salah satunya pneumonia. Anda dapat mengonsumsi vitamin C dalam buah kiwi, jeruk, stroberi, jambu, dan lainnya.

6. Makanan tinggi protein

Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, cocok dikonsumsi bagi penderita pneumonia. Anda dapat mengonsumsi daging, ikan, dan kacang-kacangan, untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan membangun jaringan baru di dalam tubuh.

7. Jahe

Jahe mampu membantu melawan mikroba penyebab terjadinya pneumonia dengan sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang terdapat di dalamnya. Kedua kandungan tersebut, mampu mengurangi nyeri pada bagian dada yang merupakan gejala dari suatu infeksi. Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh maupun minuman herbal lainnya.

8. Biji-bijian

Biji-bijian memiliki banyak kandungan nutrisi berupa vitamin B, karbohidrat, dan mineral selenium yang baik bagi tubuh. Kandungan karbohidrat pada gandum, beras merah, quinoa, dan lainnya mampu memberikan energi yang baik bagi tubuh.

Vitamin B yang terdapat di dalamnya membantu produksi energi dan menjaga suhu tubuh supaya tetap stabil. Kandungan mineral selenium di dalam biji-bijian sangat baik untuk memelihara dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

9. Sayuran hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau seperti kangkung, bayam, selada, dan lainnya untuk melindungi tubuh dari infeksi pernapasan.

10. Air putih

Air putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi oleh seluruh manusia. Konsumsi cairan sangat baik bagi penderita pneumonia, untuk membantu mengendurkan lendir pada paru-paru. Air putih mampu menyingkirkan partikel asing yang dapat menyebabkan obstruksi pada saluran pernapasan. 

Sumber: bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Parah! Tenda Jemaah Haji Mirip Barak Pengungsian, Luas 112 Meter untuk Tidur 160 Orang

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement