Advertisement

Keren, Youtuber Ini Berbagi Kisah Inspiratif Setelah Dua per Lima Otaknya Diambil

Mediani Dyah Natalia
Kamis, 16 Mei 2024 - 14:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Keren, Youtuber Ini Berbagi Kisah Inspiratif Setelah Dua per Lima Otaknya Diambil Woo Eun Bin. AllKpop

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mantan pramugari sekaligus banker yang menjadi Youtuber, Woozakka berbagi kisah inspiratifnya setelah menjalani operasi pengakatan dua per lima otaknya sehingga tempurung kepalanya terlihat berbeda.

AllKpop pada Kamis (16/5/2024) menulis, sebuah video berjudul "My Daily Life without a Left Skull | My Skull is in the Freezer" [Kehidupan Sehari-hariku dengan Separuh Batok Kepala/Batok Kepalaku Ada di dalam Freezer] melalui media YouTubenya, Woozaka.

Advertisement

Woo Eun Bin atau Woozaka di YouTube-nya mengatakan,"Aku mengalami kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit. Lalu aku akhirnya harus operasi kraniotomi dan kini menjalani terapi rehabilitasi.”

Dia juga menjelaskan mengenai kondisi fisiknya,"Seperti yang Anda lihat, kepalaku terlihat berbeda. Rambutku pendek dan ada perbedaan antara batok kepala kanan kiri. Dan aku akan menjalani operasi lain yang sempat tertunda."

Woo kemudian bercerita mengenai perasaannya sebelum operasi."Aku selalu merasa 'berbeda' kalau lihat cermin. Sebelum operasi, aku selalu pakai topi untuk mencegah luka di sisa otak kiri."

Woo mengalami cedera parah akibat terjatuh, seperti perdarahan otak, pembengkakan otak, dan patah tulang belakang, pada 27 Januari. Tepatnya, saat dia sedang dalam perjalanan untuk memberikan kuliah tentang persiapan wawancara pramugari.

Karena parahnya kondisinya, Woo menjalani operasi ekstensif, sekitar 40% tengkorak kiri dan sebagian otak kirinya diangkat. Tengkorak yang diangkat saat ini disimpan di dalam freezer.

Woo mengungkapkan, “Aku mengalami sakit kepala yang konstan sepanjang hari, jadi memang kondisiku parah. Seperti yang Anda lihat, sebagian besar tengkorak dan otak kiri saya hilang, akibatnya sakit kepalaku berkelanjutan.”

Baca Juga

Kisah Inspiratif Karyawan Disabilitas Lawson Indonesia di Bantul, Semangat Menggali Potensi

KISAH INSPIRATIF : Dari Berjualan Getuk, Temu Bisa Naik Haji

KISAH INSPIRATIF: Perempuan Ini Mengikuti Wisuda di Usia 76 Tahun

Pascaoperasi, Woo khawatir mengenai kemampuannya untuk berbicara, kognitif, dan pendengaran. Karena itu, dia menerima sesi terapi fisik, bicara, dan okupasi setiap hari.

Woo menjelaskan, “95 Persen kerusakan pada otak kiri mengakibatkan kemampuannya untuk berbahasa akan mengalami gangguan utama. Selain itu, pendarahan yang parah dapat mengakibatkan kerusakan signifikan di saraf telinga dan hidung sebelah kiri, jadi kondisiku mungkin semakin parah.”

Saat ini pun, Woo terkadang kesulitan untuk mengingat kata-kata yang tepat, seperti memanggil ibunya dengan sebutan “ayah” atau menyebut dispenser air dengan sebutan “dispenser air dingin.”

Guna mengatasi tantangan ini, Woo mulai belajar dari nol. Misalnya dengan secara aktif membaca buku kerja terapi bahasa dan membaca lebih dari 10 buku yang biasanya dibaca oleh siswa dari berbagai kelompok usia.

Terlepas dari kesulitan yang dihadapi, Woo tetap bersyukur dengan keadaannya saat ini dan berusaha untuk mempertahankan pola pikir yang positif, dengan keyakinan bahwa segala sesuatunya akan membaik di masa depan.

Warganet yang melihat video ini pun mendukung dengan pesan-pesan yang menyemangati, mengakui keberanian dan ketangguhan mereka. Mereka juga mengungkapkan solidaritas dan kekaguman, berharap Woo bahagia dan memuji semangatnya yang besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemilik Maktour Travel Diperiksa KPK, Terkait Pencucian Uang Kasus SYL

News
| Senin, 27 Mei 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement