Advertisement

Tingkat Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Beberapa Suplemen

Newswire
Selasa, 23 April 2024 - 11:37 WIB
Maya Herawati
Tingkat Kolesterol Bisa Diturunkan dengan Beberapa Suplemen Ashwagandha merupakan salah satu jenis suplemen asal negara India yang terbuat dari tanaman herbal jenis ginseng, suplemen ini telah lama digunakan dalam berbagai pengobatan Ayurveda. - ist - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh bisa menaikkan tekanan darah dan memicu berberapa penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

Menurut dari Eatthis dan Singlecare, Senin (22/4/2024) mengonsumsi asupan suplemen yang benar dapat membantu dalam menurunkan tingkat stres yang menjadi salah satu pemicu kenaikan kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut ini beberapa suplemen yang membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh:

Advertisement

Magnesium

Upaya yang dapat dilakukan dalam menurunkan kadar kolesterol salah satunya yakni dengan mengonsumsi suplemen magnesium.

Menurut meta-review tahun 2017, magnesium mempunyai efek menenangkan sehingga dapat membantu dalam mengatur kadar produksi kortisol dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko kenaikan kadar kolesterol.

Magnesium dapat membantu dalam mendukung relaksasi, mengurangi tingkat stres, meningkatkan fungsi otot dan saraf.

Ashwagandha

Ashwagandha merupakan salah satu jenis suplemen asal negara India yang terbuat dari tanaman herbal, suplemen ini telah lama digunakan dalam berbagai pengobatan Ayurveda.

Mengonsumsi suplemen ashwagandha dapat membantu dalam mengelola kadar kolesterol agar tetap dalam kadar yang normal selain itu suplemen ini juga dapat meningkatkan kesehatan mental dengan cara mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

BACA JUGA: Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Selasa 23 April 2024

Vitamin C

Suplemen vitamin C sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit yang dapat terjadi untuk itu mengonsumsi suplemen ini juga dapat membantu dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Vitamin C mempunyai kandungan yang kaya akan antioksidan, menurut penelitian kandungan inilah yang dapat melindungi sel dari stres oksidatif yang disebabkan oleh kortisol dan hormon stres lainnya.

L-theanine

L-theanine merupakan salah satu jenis suplemen yang dibutuhkan tubuh dalam upaya menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kadar tersebut tetap dalam angka yang normal.

Suplemen ini mempunyai kandungan yang kaya akan asam amino, menurut penelitian kandungan inilah yang dapat membantu dalam menurunkan kortisol dan mengurangi tingkat stres fisik serta mental.

Asam lemak omega 3

Suplemen asam lemak omega 3 banyak memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh salah satunya yakni dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Tidak hanya itu saja asam lemak omega 3 juga sangat dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan kesehatan otak dan menjaga kesehatan jantung. Adapun penelitian yang menunjukan bahwa mengonsumsi suplemen ini dapat mengurangi tingkat stres, peradangan, dan menurunkan risiko penyakit kronis lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wuih! Pria Ini Jelajahi Dunia dengan Motor Listrik

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement