Advertisement

Aktif Lagi, Risky Summerbee & The Honeythief Suguhkan Single Baru Perennial

Galih Eko Kurniawan
Senin, 22 April 2024 - 10:17 WIB
Galih Eko Kurniawan
Aktif Lagi, Risky Summerbee & The Honeythief Suguhkan Single Baru Perennial Risky Summerbee & The Honeythief

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Selama tujuh tahun tak menelurkan karya, kini Risky Summerbee & The Honeythief (RSTH) merilis lagu anyar, Perennial, di platform digital pada Minggu (21/4/2024).

Lagu ini merupakan single pertama dari penggarapan extended play (EP) yang mereka mulai dari awal 2024.

Advertisement

Ini menjadi proses pertama RSTH yang kini bermaterikan Rizky Sasono (lyricist/vokal/gitar), Nadya Hatta (piano/keyboards/noise ambiance), Doni Kurniawan (bass), Yuda Hasfari Sagala (drum) dan Yohannes Sapta Nugraha (gitar).

Rizky menuturkan lirik Perennial yang menggunakan bahasa Inggris terinspirasi dari percakapan tentang aspek kultural dalam keseharian yang sudah lama diamati.

Melalui lirik metaforik yang selama ini menjadi ciri khas RSTH, lagu ini menghadirkan kebaruan estetika bunyi yang tidak terdapat pada album-album sebelumnya, yakni The Place I Wanna Go (2009), Preamble (2011) serta Pillow Talk (2013).

“Jika album The Place I Wanna Go sarat dengan genre-genre folk dan progressive rock, Preamble bernapaskan musik teater serta Pillow Talk mewujud pop-rock, lagu Perennial merupakan awal dari kemungkinan arah baru mereka merangkul hal-hal yang belum pernah mereka lakukan,” ungkapnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Selasa (23/4/2024).

Meskipun bentuk progresif rock dan psychedelic rock yang terkesan rumit masih muncul dalam struktur lagu, aspek bunyi disonansi yang diwujudkan kibordis Nadya Hatta serta pendekatan penulisan lirik melengkapi kebaruan estetika bunyi dan aspek semantik yang dihadirkan.

Rizky mengatakan hiatus dalam jangka waktu yang lama menjadi bekal personel RSTH karena tiap personel menempuh jalan mereka masing-masing dan kembali berproses dengan modal pengalaman yang didapat.

Bagi RSTH, Perennial dirilis bersamaan dengan agenda Record Store Day 2024 sebagai komitmen grup musik asal Jogja itu untuk terus berkontribusi pada skena musik independen menyusul RSTH menjadi bagian integral dari Gerakan Jogja Invasion pada 2007-2010.

Momentum 21 April juga bersamaan dengan peringatan Hari Kartini sekaligus sebagai penanda atas dua perempuan yang dikenal RSTH sebagai seniman luar biasa, yakni Nandya Hatta dan Fitri DK.

Fitri diketahui menggarap karya seni single Perennial berjudul Saksi. Dia merupakan seniman internasional asal Jogja yang dikenal dengan karya-karyannya menggunakan teknik seni grafis. Ini merupakan awal dari kolaborasi Risky Summerbee & the Honeythief bersama Fitri DK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wuih! Pria Ini Jelajahi Dunia dengan Motor Listrik

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement