Advertisement

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 20 April 2024 - 13:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini Museum Dirgantara Jogja / ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Museum Pusat TNI AU “Dirgantara Mandala” salah satu museum yang dimiliki Daerah Istimewa Yogyakarta. Museum yang digagas oleh TNI Angkatan Udara ini didirikan untuk mengabadikan peristiwa bersejarah dalam lingkungan TNI AU, bermarkas di kompleks Pangkalan Udara Adi Sutjipto, Yogyakarta.

Dilansir dari TNI AU, museum ini sebelumnya berada di Jalan Tanah Abang Bukit, Jakarta dan diresmikan pada 4 April 1969 oleh Panglima AU Laksamana Roesmin Noerjadin. Kemudian, dengan berbagai pertimbangan museum tersebut dipindahkan ke Yogyakarta pada 29 Juli 1978.

Advertisement

Museum ini menyimpan sejumlah foto tokoh-tokoh sejarah serta diorama peristiwa sejarah Angkatan Udara Indonesia.

Tidak hanya itu, sejumlah pesawat tempur dan replikanya juga terdapat di museum ini yang kebanyakan berasal dari masa Perang Dunia II dan perjuangan kemerdekaan, diantaranya:

Pesawat Ki-43 buatan JepangPesawat PBY-5A (Catalina). Ada juga replika pesawat WEL-I RI-X (pesawat pertama hasil produksi Indonesia), Pesawat A6M5 Zero Sen buatan Jepang.

Selain itu, ada Pesawat pembom B-25 Mitchell, B-26 Invader, TU-16 Badger, Helikopter Hillier 360 buatan AS dan Pesawat P-51 Mustang buatan AS serta koleksi lainnya.

Museum Pusat TNI-AU Dirgantara Mandala baru-baru ini mendapat tambahan koleksi berupa Prototype Bom sejumlah 9 buah buatan Dislitbangau yang bekerjasama dengan PT. Pindad dan PT. Sari Bahari.

Bom-bom tersebut merupakan bom latih (BLA/BLP) dan bom tajam (BT) yang memiliki daya ledak tinggi (high explosive), sebagai senjata Pesawat Sukhoi Su-30, F-16, F-5, Sky Hawk, Super Tucano dll.

Selain dipadati oleh kunjungan wisatawan, anak-anak sekolah hingga masyarakat umum kerap mengunjungi museum ini. Berikut kami sampaikan lokasi museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala, jam buka dan bea masuk ke lokasi.

Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala

Alamat

Kompleks Pangkalan Udara Adisucipto Jl. Raya Janti, Karang Janbe, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55282

Jam Buka

Senin - Minggu: 08.30-15.00 WIB

Harga Tiket
Anak-anak dan Dewasa: Rp 8.500,00

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wuih! Pria Ini Jelajahi Dunia dengan Motor Listrik

News
| Kamis, 30 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement