Advertisement

Mengenal 6 Bangunan di Pura Pakualaman dan Fungsinya Saat Digunakan Dhaup Ageng Pakualaman Tahun Ini

Abdul Hamied Razak
Minggu, 07 Januari 2024 - 20:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Mengenal 6 Bangunan di Pura Pakualaman dan Fungsinya Saat Digunakan Dhaup Ageng Pakualaman Tahun Ini Wiyosan Dalem atau Ulang Tahun ke-59 Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X digelar di Pura Pakualaman, Jogja, Jumat (13/03 - 2020).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Adipati Kadipaten Pakualaman yang juga Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X dan GKBRAA Paku Alam atau Gusti Putri punya hajat Dhaup Agěng Pakualaman.

Putra bungsunya, BPH Kusumo Kuntonugroho atau RM Bhismo akan mempersunting pujaan hatinya, dokter Laily Annisa Kusumastuti, Rabu (10/1/2024). Pernikahan ala Kerajaan ini akan berlangsung di Pura Pakualaman Jogja.

Advertisement

Rangkaian acara pernikahan Dhaup Agěng Pakualaman antara BPH Kusumo Kuntonugroho dengan dokter Laily Annisa Kusumastuti dimulai pada Minggu 7 Januari 2024 hingga Kamis 11 Januari 2024.

BACA JUGA: 5.500 Undangan Disebar di Acara Pernikahan Putera Kedua Wagub DIY

Nah, ada sejumlah bangunan di Pura Pakualaman Yogyakarta yang digunakan selama prosesi Dhaup Agěng Pakualaman. Berikut profil, fungsi dan sejarah bangunan kerajaan di Pura Pakualaman.

Bangunan-Bangunan di Pura Pakualaman

1. Kagungan Dalem Bangsal Sewatama

Pada Pahargyan Dhaup Agěng ini Bangsal Sewatama digunakan sebagai pusat acara seperti
panggih kedua mempelai yang bertempat di depan Uleng, sungkeman, di Ndalěm Agěng
Prabasuyasa, serta resepsi.

Bangsal Sewatama merupakan bangunan besar berupa pendapa yang terletak di dalam Kadipaten Pakualaman. Bangunan beratap limasan berjajar tiga yang membujur arah utara dan selatan dan pernah direnovasi pada tahun 1867.

Bangsal Sewatama biasanya digunakan sebagai tempat diselenggarakannya beberapa peristiwa budaya dan pertemuan kenegaraan.

2. Kagungan Dalem Bangsal Parangkarsa

Bangunan ini terletak di bagian barat dari Bangsal Sewatama. Adapun bagian-bagian dari bangunan ini meliputi kamar tidur, ruang pertemuan dan bangunan terbuka untuk jamuan makan yang disebut dengan Sewabujana.

Sejak dahulu Kagungan Dalem Bangsal Parangkarsa berfungsi sebagai tempat persiapan pernikahan putra dan putri Paku Alam.

Pada Pahargyan Dhaup Agěng tahun 2024 ini Kagungan Dalěm Bangsal Parangkarsa digunakan sebagai tempat siraman Calon Pengantin Laki-Laki.

3. Kagungan Dalem Gedhong Ijem

Bangunan yang berada di sebelah utara Kagungan Dalem Bangsal Parangkarsa. Bangunan ini menyatu dengan Gědhong Maerakaca.

Pada Pahargyan Dhaup Agěng digunakan sebagai tempat kamar pengantin Calon Pengantin Laki-Laki.

4. Kagungan Dalem Pracimasana

Bangunan yang berada di sebelah barat dari Ndalěm Agěng Prabasuyasa yang akan digunakan pada prosesi tantingan.

5. Kagungan Dalem Kepatihan

Kěpatihan terletak di luar istana Pakualaman. Pada Pahargyan Dhaup Agěng, Kěpatihan digunakan untuk sěngkeran sekaligus tempat menginap keluarga Calon Pengantin Perempuan.

Agenda lain yang diselenggarakan di Kepatihan antara lain, siraman Calon Pengantin Perempuan dan acara midodareni. Pada kegiatan sehari-hari, bangunan Kěpatihan berfungsi sebagai kantor Pakualaman.

Sementara itu, aula yang ada di dalamnya digunakan sebagai tempat pertemuan yang bersifat resmi maupun sosial budaya.

6. Kagungan Dalěm Masjid Agung Pakualaman

Masjid Agung Pakualaman berada di sisi barat daya Pura Pakualaman. Pada Pahargyan Dhaup Agěng digunakan sebagai tempat dilaksanakannya prosesi Akad Nikah, Calon Pengantin Perempuan akan menempati ruang yang disebut dengan Pěngulon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Lebat dan Banjir Tewaskan 76 Orang di Kenya

News
| Minggu, 28 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement