Advertisement

Unik, Serangga Ini Punya Motif Sayap Serupa Lukisan Pablo Picasso

Lajeng Padmaratri
Senin, 18 Desember 2023 - 11:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Serangga Ini Punya Motif Sayap Serupa Lukisan Pablo Picasso Ngengat dengan Baorisa hieroglyphica dijuluki ngengat Picasso karena punya pola sayap unik. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tak sedikit hewan di dunia ini punya karakteristik unik. Salah satunya serangga dengan nama latin Baorisa hieroglyphica yang memiliki pola sayap artistik bak karya maestro.

Saking cantiknya, serangga ngengat itu bahkan dikenal sebagai ngengat Picasso, merujuk pada nama pelukis Spanyol terkenal Pablo Picasso.

Advertisement

BACA JUGA: Hewan Terkuat di Dunia, Mampu Mengangkat Seribu Kali Berat Badannya Sendiri

Melansir Oddity Central, hewan ini pertama kali dideskripsikan oleh ahli entomologi Inggris Frederic Moore pada tahun 1882. Ngengat ini berasal dari Asia Tenggara dan India Utara.

Seperti kebanyakan ngengat, mereka adalah serangga nokturnal yang sebagian besar memakan nektar berbagai tanaman. Baorisa hieroglyphica bisa dibilang ngengat Noctuid yang paling cantik (keluarga Noctuidae), serangga berpenampilan menakjubkan ini dijuluki sebagai ngengat paling menarik di dunia.

Nama ilmiah spesies ini hieroglyphica mengacu pada garis dan bentuk geometris yang mencolok pada sayap depannya, sedangkan nama umumnya terinspirasi oleh bercak, garis, dan titik-titik warna yang mengisyaratkan karya seorang pelukis berbakat.

BACA JUGA: Pameran Unik Ini Ajak Pengunjung Mengendus Bau Pantat Satwa Liar

Pada kenyataannya, pencinta seni yang akrab dengan karya Picasso akan mengatakan bahwa pola artistik Baorisa hieroglyphica tidak memiliki banyak kesamaan dengan lukisan maestro tersebut. Namun, tentu bukan itu intinya. Vasili Kandinski sepertinya memiliki gaya yang lebih cocok, namun Picasso adalah nama yang jauh lebih besar yang melampaui dunia seni, yang lebih menggugah keindahan artistik ngengat.

Jika serangga lain punya pola sayap unik untuk tujuan kamuflase, maka dalam kasus ngengat Picasso, peran polanya masih belum jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ibu Pulau Halmahera Meletus, Abu Vulkanik Setinggi 3,5 Kilometer

News
| Minggu, 28 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement