Advertisement

Cegah Mycoplasma Pneumonia pada Anak, Dokter Pulmonologi: Vaksinasi dan Jaga Jarak

Newswire
Sabtu, 09 Desember 2023 - 14:17 WIB
Maya Herawati
Cegah Mycoplasma Pneumonia pada Anak, Dokter Pulmonologi: Vaksinasi dan Jaga Jarak Ilustrasi pneumonia pada anak. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rutin vaksinasi dan jaga jarak dengan yang sakit menjadi dua cara untuk mencegah anak terinfeksi mycoplasma pneumonia. Hal ini diungkapkan dokter spesialis pulmonology dan respirasi paru-paru RS Permata CibuburJanuar Habibi.

"Vaksinasi, menjaga jarak dengan orang yang sakit, tidak berpergian ketika sakit, datang ke dokter dan mendapatkan perawatan jika dibutuhkan," kata Januar, Jumat (9/12/2023).

Advertisement

Secara umum, mycoplasma pneumonia tidak hanya menyerang anak-anak usia sekolah, namun, juga orang dewasa. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit tersebut, perlu diterapkan kembali protokol kesehatan seperti memakai masker dengan ukuran yang sesuai atau tidak kebesaran.

BACA JUGA: Usulan Debat Capres dalam Bahasa Inggris, Ini Kata Pengamat

Menjaga ventilasi udara tetap baik dan makan makanan bergizi juga menjadi cara terbaik mencegah berbagai infeksi bakteri seperti mycoplasma pneumonia.

Mycoplasma pneumonia, tulis Januar, memiliki gejala yang hampir sama dengan Covid-19 yaitu infeksi yang menyerang sistem pernapasan yang mengakibatkan batuk, demam dan sesak nafas. Gejala itu juga bisa diperkuat dengan temuan abnormal saat melakukan rontgen dada dan pengambilan foto toraks.

Januar juga mengatakan vaksinasi penguat Covid-19 yang masih tersedia sekarang tidak secara langsung berhubungan dengan pencegahan infeksi mycoplasma pneumonia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

MA Beri Diskon Vonis Dirut Bakti Kominfo Terkait Korupsi BTS 4G, Ini Respons Kejagung

News
| Sabtu, 27 Juli 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement