Advertisement

Mengenal Apa Itu Shea Butter dan Manfaaatnya untuk Kulit

Newswire
Minggu, 26 November 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Mengenal Apa Itu Shea Butter dan Manfaaatnya untuk Kulit Shea butter - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Bahan emolien atau pengunci kelembapan kulit menjadi bahan yang banyak ditawarkan produk kecantikan.

Salah satu emolien yang brilian adalah shea butter. Mungkin tidak semenarik bahan-bahan 'tren' lainnya, shea butter masih menjadi penyelamat kulit dan memberikan hasil.

Advertisement

Dengan beragam manfaat pada kulit mulai dari meredakan iritasi hingga mengatasi kekeringan, produk ini merupakan produk serba guna yang sangat direkomendasikan oleh ahli dermatologi.

Ditulis laman Glamour UK beberapa waktu lalu, Konsultan Dermatologis dan Ahli Gizi Dr Thivi Maruthappu mengatakan shea butter adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea Afrika.

Oleh karena shea butter dapat ditemukan di banyak produk pelembab wajah dan tubuh.

Beberapa manfaat shea butter adalah melembabkan kulit. Dengan mencegah hilangnya kelembaban, shea butter memastikan kulit tetap terhidrasi.

"Shea butter adalah bahan oklusif yang membantu mempertahankan kelembaban dengan mencegah hilangnya air trans epidermal (hilangnya kelembaban dari lapisan atas kulit),” jelas Dr Sam Bunting, Dokter Kulit dan Pendiri lini perawatan kulit eponymous.

Selain itu produk yang mengandung shea butter akan memberikan tekstur "buttery" pada kulit.

BACA JUGA: Cegah Terhasut Hoaks, Menkominfo Minta Warga Tidak Gegabah Terkait Kasus Bitung

Bunting mengatakan Shea butter juga mengandung antioksidan dan asam lemak yang membantu menenangkan pelindung kulit yang rusak dan secara aktif membantu membangunnya kembali.

“Ini akan melembutkan kulit kering dan pecah-pecah,” kata Maruthappu.

Para ahli sepakat bahwa shea butter dalam bentuk murni akan sangat tebal dan sulit untuk dioleskan. Maka pilihan terbaik adalah memakai produk yang mengandung shea butter sebagai bahan produk perawatan kulit tambahan.

Jika Anda khawatir shea butter akan menyumbat pori-pori, yakinlah bahwa bahan ini nonkomedogenik.

“Ada banyak kekhawatiran seputar bahan-bahan yang menyumbat pori-pori, tetapi berdasarkan pengalaman saya menggunakan shea selama lebih dari satu dekade dalam praktiknya, saya merasa bahan tersebut dapat ditoleransi dengan baik pada semua jenis kulit termasuk kulit yang rentan berjerawat,” kata Bunting.

Shea butter juga bermanfaat bagi yang memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat terutama saat mulai menggunakan retinoid. Shea butter akan melembabkan kulit yang teriritasi akibat pemakaian retinoid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Central Kitchen di Jalur Gaza Kembali Beroperasi Pasca 7 Pekerja Terbunuh

News
| Senin, 29 April 2024, 12:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement