Advertisement

Bisnis Unik, Ada Jasa Menghancurkan Foto Pernikahan Bagi Pasangan Bercerai

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 24 November 2023 - 10:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Bisnis Unik, Ada Jasa Menghancurkan Foto Pernikahan Bagi Pasangan Bercerai Bisnis unik di China menawarkan jasa menghancurkan foto pernikahan. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—Sebuah bisnis di Provinsi Shandong, China mendapat perhatian masyarakat karena menawarkan jasa unik. Di sana, ada jasa menghancurkan foto pernikahan bagi pasangan yang bercerai.

Pasangan yang menikah punya kebiasaan mendokumentasikan momen pernikahan itu ke dalam sebuah foto. Namun, ketika bercerai, merobek foto pernikahan tidak semudah kedengarannya.

Advertisement

Melansir Oddity Central, masyarakat di China memiliki kebiasaan mengabadikan foto pernikahan di atas kanvas akrilik kuat yang juga sangat tahan terhadap api. Hal ini membuat pasangan yang bercerai hanya mempunyai sedikit pilihan, seperti membuang foto pernikahan mereka ke tempat sampah. Namun, opsi ini enggan dilakukan banyak orang karena takut foto mereka dikenali oleh orang lain yang berniat buruk.

Di sinilah muncul usaha bisnis baru dari Provinsi Shandong. Didirikan oleh seorang pemuda bermarga Liu, perusahaan baru ini berspesialisasi dalam merobek-robek foto pernikahan, dengan begitu bisa membantu klien melupakan masa lalu sekaligus melindungi privasi mereka.

“Foto pernikahan termasuk dalam kategori barang privasi pribadi, dan saya yakin ada permintaan yang kuat untuk layanan saya. Kami telah menerima pesanan dari setiap provinsi dan kota di seluruh China, kecuali Tibet,” tutur Liu dikutip dari Oddity Central.

Bisnis ini memberi kesempatan kepada pasangan yang bercerai untuk menghancurkan foto pernikahan mereka dengan cara yang murah dan efektif.

Prosesnya cukup mudah. Perusahaan Liu menawarkan beberapa pilihan harga, mulai dari 10 yuan atau Rp22 ribu hingga lebih dari 100 yuan atau Rp220 ribu, tergantung pada ukuran foto pernikahan yang perlu dimusnahkan. Setelah kesepakatan tercapai, klien mengirimkan foto tersebut ke lokasi workshop-nya di Langfang, Provinsi Shandong.

Di sini staf pertama-tama menutupi foto-foto itu dengan cat semprot untuk memastikan bahwa tokoh utamanya tidak terlihat, dan kemudian memasukkannya ke dalam mesin penghancur yang kuat. Seluruh proses difilmkan dan rekamannya dikirim ke klien sebagai bukti.

Bisnis Liu mungkin satu-satunya di China, namun kesuksesannya bahkan mengejutkan pemiliknya. Ketika bisnis lain enggan mencoba membakar foto orang yang masih hidup karena takhayul, bisnis sederhana penghancuran foto pernikahannya adalah salah satu dari sedikit solusi yang tersedia bagi pasangan yang bercerai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Program Makan Siang Gratis Masih Diujicoba, Gibran: Kami Siap Dievaluasi

News
| Jum'at, 01 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement