Advertisement

Punya Anak Perempuan? Begini Tips Mendidiknya agar Sukses

Novita Sari Simamora
Rabu, 11 Oktober 2023 - 22:07 WIB
Arief Junianto
Punya Anak Perempuan? Begini Tips Mendidiknya agar Sukses Ilustrasi anak dan orang tua - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hari Anak Perempuan Sedunia diperingati setiap 11 Oktober. Hari ini menjadi hari yang spesial bagi seluruh anak perempuan di dunia.

Setiap orang tua memiliki harapan dan tujuan dalam mendidik anak-anaknya, khususnya anak perempuan.

Advertisement

Salah satu tujuan utama sebagai orang tua adalah mendidik anak untuk mandiri terutama bagi anak perempuan. Namun, hal ini tidak semudah yang diperkirakan.

Di zaman yang semakin maju dengan teknologi, anak lebih sering menghabiskan waktu di depan layar handphone atau komputer. Cara pikir dan cara pandangan anak-anak di zaman ini sangat berbeda dengan zaman-zaman sebelumnya. 

BACA JUGA: Januari-September 2023 Terdapat 157 Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan di Bantul

Bagi anak perempuan, kebutuhan akan dirinya menjadi lebih banyak dan bertambah seiring bertumbuh dan seiring perubahan mode. Hal ini menjadi tantangan sendiri bagi orang tua. Menanggapi hal tersebut orang tua perlu memikirkan cara ampuh untuk mendidik anak-anak perempuan mereka.

Simak tips mendidik anak perempuan yang wajib orang tua ketahui:

Beri Tanggung Jawab 

Anak perempuan juga perlu diberi tanggung jawab, tidak berarti harus dalam konteks yang luas dan besar. Anak perempuan diberikan tanggung jawab dengan pekerjaan-pekerjaan secara rutin, hal ini bisa membantu anak memegang kepercayaan dan tanggung jawab.

Menanamkan Nilai Agama

Anak perlu diberikan pemahaman tentang nilai agama agar membantunya menjalani kehidupan, bukan hanya dalam hal meminta pertolongan kepada yang menciptanya, tetapi juga mengajarkan anak untuk bersyukur. Menanamkan nilai agama dipercaya dapat membawa anak-anak mengambil keputusan yang benar sesuai kepercayaannya.

Memberi Pemahaman Mengenai Pergaulan

Anak perlu diberikan pemahaman tentang pergaulan. Hal ini dilakukan agar anak mampu membedakan ruang yang benar untuk ia masuki. Berikan pemahaman secara singkat tentang hal baik dan buruk serta berikan ia ruang untuk bercerita terkait lingkungan pergaulannya.

Beri Pemahaman Finansial 

Anak-anak akan berprestasi lebih baik dalam pendidikan dan pekerjaan di kemudian hari jika mereka diajar untuk menabung demi apa yang mereka inginkan. Kepuasan yang tertunda akan membuahkan hasil dan jika anak perempuan terbiasa menabung sejak usia muda, mereka akan lebih berhati-hati dalam membelanjakan uangnya

Sebuah survei baru-baru ini menemukan bahwa anak perempuan rata-rata mendapat uang saku 20% lebih sedikit dibandingkan anak laki-laki dalam satu keluarga. Banyak orang tua bahkan tidak menyadari bahwa mereka melakukannya. Hal ini mendorong sikap bahwa anak perempuan berpenghasilan lebih rendah dibandingkan anak laki-laki dan dapat berdampak besar pada persepsi anak perempuan mengenai harga diri mereka di masa dewasa. 

Dengarkan Dia

Anak perempuan perlu tahu bahwa suara mereka penting. Hal ini mengembangkan keterampilan bernegosiasi yang dapat digunakan di kemudian hari. Terlalu banyak suara perempuan yang dibungkam dan anak perempuan belajar untuk mundur. Namun jika orang tua membiarkan dia mengutarakan pendapatnya saat masih anak-anak, dia akan mampu melawan sudut pandangnya saat dewasa.

Biarkan Mereka Membuat Kesalahan

Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi pada awalnya, tetapi membiarkan anak-anak melakukan kesalahan akan mengajari mereka cara sukses dalam hidup. Ketika mereka melakukan kesalahan, beritahu mereka bahwa itu tidak masalah dan bantu mereka bertukar pikiran tentang bagaimana mereka dapat melakukan yang lebih baik di lain waktu. Temukan juga strategi untuk memperbaiki masalah ini, sesuai kebutuhan. 

Membiarkan mereka merasakan ketidaknyamanan atau kekecewaan yang menyertai pilihan mereka bisa jadi sulit. Namun melakukan hal ini membantu mereka berkembang dan benar-benar dapat meningkatkan harga diri dan kemampuan mereka untuk mengatasi kesulitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement