Advertisement

Apa Ciri-ciri Sakit Pinggang Karena Kanker Ginjal? Simak Penjelasannya

Redaksi
Senin, 25 September 2023 - 07:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Apa Ciri-ciri Sakit Pinggang Karena Kanker Ginjal? Simak Penjelasannya Ilustrasi ginjal

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Sakit pinggang sering disebabkan oleh cedera atau aktivitas berlebihan tetapi terkadang juga disebabkan oleh kondisi yang mendasari seperti kanker ginjal.

Sakit pinggang menjadi sakit umum, sehingga banyak orang tidak menyadari bahaya sebenarnya yang sering terjadi karena pertumbuhan sel-sel kanker.

Advertisement

Dilansir Roswell Park (24/9/2023) Dr. Kauffman, ahli urologi di mengungkapkan gejala paling umum pada penderita kanker ginjal adalah darah dalam urin. Sakit punggung secara umum jarang terjadi pada kanker ginjal karena tidak memiliki reseptor rasa sakit yang sama di ginjal.

BACA JUGA: Tanda Ginjal Anda Bermasalah, Salah Satunya Alami Kelelahan Ekstrem

Meskipun demikian, orang mungkin merasakan tekanan atau nyeri di punggung jika ada gumpalan darah yang menghalangi aliran urin dari ginjal dan orang mungkin merasakan ada benjolan di panggul atau sampingnya.

Jika seseorang mengalami sakit punggung akibat kanker ginjal, biasanya dia akan merasakannya di punggung bagian bawah, di satu sisi, antara tulang rusuk dan pinggul.

Nyeri pinggang pada orang yang menderita penyakit kanker biasanya terus menerus dan tidak kunjung hilang sehingga penderita tidak dapat melakukan aktivitas, bahkan susah untuk bergerak.

Selain itu, nyeri pinggang yang dirasakan juga diikuti dengan gejala lain seperti warna urin yang merah hingga berdarah dan tidak pernah ditemui pada sakit pinggang biasa.

Hal ini memberikan kesadaran untuk menyikapi permasalahan tersebut tidak terbatas pada sakit biasa, terutama jika seseorang tidak pernah mengalami cedera.

Segera konsultasikan pada dokter dan lakukan pemeriksaan optimal jika mengalami gejala tersebut, karena gejala sekecil apapun yang disebabkan kanker ginjal dapat membahayakan dan menjadi pangkal bagi kerusakan organ lainnya dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 4,7 Guncang Boalemo Gorontalo

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement