Advertisement

Viral, Pecinta Satwa Ini Ubah Apartemen Jadi Rumah Sakit Burung Kolibri

Lajeng Padmaratri
Senin, 21 Agustus 2023 - 17:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Viral, Pecinta Satwa Ini Ubah Apartemen Jadi Rumah Sakit Burung Kolibri Perempuan Meksiko sempat viral karena merawat burung kolibri di apartemennya. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, MEKSIKO—Seorang perempuan di Meksiko, Amerika Serikat punya cara unik untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap hewan di sekitarnya. Pecinta satwa ini mengubah apartemennya menjadi rumah sakit untuk menampung hewan khususnya burung kolibri yang terluka selama belasan tahun.

Melansir Oddity Central. perempuan bernama Catia Lattouf de Arída itu viral karena telah menggunakan apartemennya di Kota Meksiko sebagai rumah sakit dan tempat perlindungan bagi burung kolibri yang terluka dan terlantar selama 11 tahun terakhir.

Advertisement

BACA JUGA: Seperti Mutan, Burung Merpati Viral di Internet karena Punya Bentuk Tubuh Aneh

Sebagai agen penyerbuk, kolibri adalah bagian yang sangat penting dari ekosistem Meksiko. Akan tetapi karena lanskap perkotaan yang terus berkembang, burung ini menghadapi segala macam ancaman serius dan sering terluka.

Di situlah perempuan berusia 73 tahun ini berperan. Sebagai pengasuh burung kolibri otodidak, dia mendedikasikan sebagian besar waktu luang dan sumber dayanya untuk merawat burung kecil agar kembali sehat.

Dia telah melakukannya selama lebih dari satu dekade. Uniknya, dia melakukan itu di apartemennya di Kota Meksiko yang kemudian kini dikenal sebagai rumah sakit burung kolibri.

Bermula dari 2011, ia mengaku tidak tahu apa-apa soal perawatan burung. Namun, suatu ketika ia mendapati burung kolibri yang cedera mata lalu membawanya pulang. Kemudian, seorang teman dokter hewan mendorongnya untuk merawat burung kolibri, dan itu mengarah pada kehidupan yang didedikasikan untuk menyelamatkan ratusan burung kecil.

BACA JUGA: Demi Usir Burung Camar, Kebun Binatang Ini Rekrut Petugas yang Mau Pakai Kostum Burung

“Itu memberi saya kehidupan baru,” kata Catia baru-baru ini tentang Gucci, burung kolibri pertama yang dia rawat, menambahkan bahwa namanya terinspirasi oleh merek kotak kacamata tempat dia menyimpannya.

Dia perlu mempelajari burung dan kebiasaan mereka untuk merawat mereka dengan lebih baik. Kini setelah 11 tahun pengalaman, wanita berusia 73 tahun itu dianggap sebagai ahli burung kolibri dan dia telah diundang untuk berbicara di beberapa acara.

Untuk meningkatkan kesadaran akan penderitaan burung kolibri di Meksiko, Catia mulai memposting video pasien di apartemennya ke situs media sosial seperti TikTok, dan banyak di antaranya menjadi viral.

Setelah merawat burung hingga sembuh, Catia melepaskan mereka di area hutan di sisi selatan Kota Meksiko. Yang tidak dapat diselamatkan dirawat sampai saat-saat terakhir mereka dan kemudian dikuburkan di dekat apartemennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Kedua Perundingan Gencatan Senjata, Perang Israel-Hamas Masih Buntu

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement