Advertisement

Seperti Mutan, Burung Merpati Viral di Internet karena Punya Bentuk Tubuh Aneh

Lajeng Padmaratri
Kamis, 22 Juni 2023 - 22:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Seperti Mutan, Burung Merpati Viral di Internet karena Punya Bentuk Tubuh Aneh Berbagai foto yang menampakkan seekor burung merpati dengan bentuk aneh viral di media sosial. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berbagai foto yang menampakkan seekor burung merpati dengan bentuk aneh viral di media sosial.

Foto itu menampilkan burung merpati yang membusungkan dada dan punya kaki panjang. Sontak, bentuk tubuh ‘merpati aneh’ itu mendapatkan banyak perhatian di dunia maya.

Advertisement

Melansir Oddity Central, rupanya foto itu berasal dari seorang peternak merpati di Inggris yang membagikan video “chad pigeon” itu ke TikTok. Video itu segera saja viral dan banyak warganet tak percaya bahwa itu binatang asli.

Meski beberapa orang yakin bahwa foto merpati itu adalah karya alat digital bertenaga AI, namun burung merpati itu benar-benar binatang asli. Ternyata, burung dalam video tersebut adalah spesimen yang sangat mengesankan dari jenis merpati langka yang disebut "English Pouter". Tidak ada yang terlalu istimewa tentang burung khusus ini, dan bahwa dada yang sangat kembung dan kaki yang panjang adalah ciri khusus ras.

Menurut naturalis Inggris William Bernhardt Tegetmeier, ‘merpati aneh’ itu adalah hasil perkawinan silang antara keturunan merpati tua seperti Dutch Cropper, Uplope dan Pouter Paris. Kakinya yang panjang itu menjadikannya jenis merpati mewah tertinggi di dunia.

Nama merpati yang agung ini terinspirasi oleh kemampuannya untuk mengisi temboloknya dengan udara dan mempertahankan penampilan ‘mengembang’ ini untuk jangka waktu yang lama. Diyakini bahwa ras tersebut mengembangkan kemampuan ini untuk meningkatkan tingkat keberhasilan saat kawin.

English Pouter sering disebut 'merpati yang paling berbeda dari semua merpati peliharaan,' jadi tidak mengherankan jika ia selalu menarik perhatian orang yang tidak terbiasa dengan ras ini. Spesimen dalam video yang baru-baru ini hilang itu dijuluki 'merpati chad', 'merpati mutan', 'merpati binaragawan', dan masih banyak julukan kreatif lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mandi di Pantai, 2 Pelajar Ditemukan Meninggal Dunia

News
| Senin, 29 April 2024, 08:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement