Advertisement

Cuci Muka dengan Air Cucian Beras Bikin Wajah Cerah

Bernadheta Dian Saraswati
Minggu, 13 Agustus 2023 - 11:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cuci Muka dengan Air Cucian Beras Bikin Wajah Cerah Ilustrasi bercak hitam di kulit wajah. - Getty Images \\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jika kamu mencuci beras, sebaiknya air bekas cuciannya jangan dibuang. Sebab air cucian beras ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk mencerahkan kulit wajah. 

Sebagian orang menganggap air cucian beras ini kotor. Namun di balik anggapan itu, air ini bisa membawa dampak yang baik untuk penampilan kita.

Advertisement

Air bekas cucian beras bisa membantu mencerahkan kulit wajah. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakannya untuk cuci muka. Beberapa orang ada yang menambahkan bahan lain untuk membuat kulit tidak hanya cerah tetapi lembut. 

Dilansir dari alodokter, air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Jadi, tidak mengherankan bila air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik.

Baca juga: Viral Mahasiswa Diare Massal Gegara Makan Nasi Tak Layak saat Orientasi Kampus, Ini Klarifikasi UII

Mencuci wajah menggunakan air beras diketahui mampu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Selain mencerahkan kulit, air cucian beras juga bisa membantu menghilangkan bintik hitam di wajah. Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

Jerawat juga bisa pudar dengan rajin mencuci muka dengan air bekas cucian beras. Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement